• Follow Us On : 

Latih Jiwa Entrepreneur Siswa, SMAN 11 Pekanbaru Manfaatkan Lahan Sekolah Budidaya Ikan Lele

Latih Jiwa Entrepreneur Siswa, SMAN 11 Pekanbaru Manfaatkan Lahan Sekolah Budidaya Ikan Lele
Rabu, 31 Juli 2019 - 13:45:00 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - SMAN 11 Pekanbaru melakukan usaha budidaya ikan lele dengan memanfaatkan lahan sekolah. Hal tersebut dilakukan untuk melatih dan mengembangkan jiwa entrepreneur atau kewirausahaan siswa.
 
Kepala SMAN 11 Pekanbaru, Suprapto MPd menjelaskan, program ini dibuat selain melatih jiwa kewirausahaan siswa juga melihat bahwa banyak siswa SMA yang tidak bisa melanjutkan lagi ke perguruan tinggi, karena berbagai alasan, seperti tidak ada biaya dan lainnya.
 
"Karena itu anak-anak ini perlu kita bekali dengan kemauan berwirausaha agar mampu meningkatkan perekonomian keluarganya suatu saat nanti. Salah satu usaha yang kita ingin latih kepada siswa usaha budidaya lele dengan harapan, kegiatan ini bisa menjadi bekal siswa kemudian hari," ujar Suprapto.
 
Suprapto menambahkan, untuk melatih siswa belajar budidaya ikan lele ini, pihak sekolah mengundang petugas dari Dinas Pertanian untuk memberikan penyuluhan mengenai tata cara budidaya ikan lele. 
 
"Kita sangat senang siswa-siswi kita mau memilih usaha budidaya pembesaran ikan lele ini dan perlu kita dukung dengan memberikan pembinaan dan penyuluhan supaya berhasil," ungkapnya.
 
Lebih jauh disampaikannya, tugas siswa yang mengikuti kegiatan ini adalah merawat kolam, seperti memberi makanan ikan secara rutin, memelihara kebersihan kolam, sampai dengan panen ikan. Dimana, kegiatan tersebut dilakukan dibawah pengawasan guru pembimbing Emdany SPi.
 
"Dengan program ini, kita berharap siswa SMAN 11 semakin termotivasi untuk berwirausaha dan mengembangkan usaha. Jika mereka tamat nantinya dari sekolah ini, mereka bisa mengembangkan ternak ikan sendiri, karena telah mendapat bimbingan dari sekolah," jelas Suprapto. 
 
Suprapto berharap, dengan program ini mampu menimbulkan jiwa-jiwa kreativitas dan pengembangan jiwa entrepreneur ini tujuan jangka panjang nya, anak-anak memiliki skil dan ketrampilan untuk memanfaatkan sejengkal lahan pertanian atau kebun.
 
"Program ini juga untuk membantu anak-anak yang tidak mampu dan mau, karna kewirausahaan ini akan dikelola siswa yang mau. Saat ini kita baru memiliki 4 kolam dengan jumlah 6000 bibit ikan lele. Kedepan kita berharap, bisa bekerjasama dengan pihak-pihak terkait lainnya. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER