• Follow Us On : 

PLS SMPN 15 Pekanbaru Fokus Pada Pendidikan Karakter dan Disiplin

PLS SMPN 15 Pekanbaru Fokus Pada Pendidikan Karakter dan Disiplin Kepala SMPN 15 Pekanbaru, M. Yunus (ade)
Senin, 15 Juli 2019 - 16:09:23 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Pelaksanaan masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di SMPN 15 Pekanbaru diisi dengan pendidikan karakter. PLS merupakan kegiatan untuk siswa baru supaya dapat beradaptasi dengan sekolah baru.  
 
Kepala SMPN 15 Pekanbaru, Muhammad Yunus SPd mengatakan, di sekolahnya diikuti sebanyak 220 siswa baru. Hari pertama PLS penekanannya bagaimana penguatan pendidikan karakter di sekolah.  
 
"Kami berikan materi pendidikan karakter dengan menanamkan lima nilai yakni, religius, nasionalis, mandiri, integritas dan gotong royong. Siswa baru juga di didik agar tahu siapa nama gurunya, teman barunya, dan tata tertib sekolah. Saat siswa dikumpulkan, semua peserta diberikan materi oleh guru dan terlihat senang mengikutinya," kata Yunus.
 
Yunus menjelaskan, pelaksanaan PLS berlangsung selama tiga hari, (8-10) Juli 2019. Dimana, siswa baru diberikan materi tentang penguatan pendidikan karakter, nasionalisme, peningkatan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, tata tertib sekolah dan budaya sekolah.
 
"Kita meminta kepada guru dan Osis sebagai pelaksana kegiatan agar tidak ada kekerasan, tidak ada penekanan batin dan anak dapat dibimbing sebaik-baiknya. Sebab, instruktur kegiatan dari guru sekolah dan kakak kelas hanya sekedar membantu, semua kegiatan tanggung jawab guru," jelasnya.  
 
Lebih jauh disampaikannya, selain pendidikan karakter, sekolah juga memfokuskan materi kepada disiplin. Hal ini guna menumbuhkan sikap disiplin terhadap siswa, agar nantinya para siswa dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik.
 
"Dengan harapan pihak sekolah dapat mewujudkan kedisiplinan bagi anak didiknya. Kedisiplinan ini guna membentuk siswa agar punya disiplin yang tinggi, taat pada aturan sekolah dan hormat serta taat kepada guru," ujar Yunus.
 
Yunus berharap, dengan adanya kegiatan tersebut bisa menambah pembentukan karakter dan disiplin siswa-siswi baru. "Kita berharap, siswa-siswi baru ini nantinya dapat menjadi generasi penerus bangsa yang mumpuni serta membawa nama sekolah yang bertaraf unggulan," pungkasnya. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER