• Follow Us On : 

Bangun Generasi Berkarakter, SMPN 31 Pekanbaru Gelar MPLS

Bangun Generasi Berkarakter, SMPN 31 Pekanbaru Gelar MPLS Upacara pembukaan MPLS ditandai dengan pemasangan topi (ist)
Jumat, 12 Juli 2019 - 12:51:14 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Sebanyak 96 siwa baru tahun ajaran 2019/2020 SMPN 31 Pekanbaru mengikuti Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Kegiatan tersebut berlangsung tiga hari (8-10) Juli 2019.
 
Menurut Kepala SMPN 31 Pekanbaru, Gusna Dewi MPd, dengan PLS ini maka para siswa baru dapat mengetahui situasi sekolah dengan berbagai kegiatan baik kurikuler maupun ekstrakurikuler. "Beberapa materi yang disampaikan menitikberatkan kepada pendidikan karakter dan materi lainnya seperti Pramuka, Pasus dan minat bakat," ujar Dewi.
 
Dewi berharap, melalui kegiatan ini dapat lebih memotivasi para siswa untuk belajar dan mengetahui lingkungan sekolah yang akan menjadi tempat kegiatan belajar para siswa selama 3 tahun. Dijelaskannya, untuk nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama, para siswa harus sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain, patuh pada aturan-aturan sosial, menghargai karya dan prestasi orang lain, santun dan demokratis.
 
"Sebagai siswa agar dapat hidup disiplin dan sehat, dengan disiplin diantaranya dalam mengatur waktu tidur sehingga tidak larut malam termasuk juga dalam mengatur waktu belajar dan bermain, jangan melupakan ibadah," ungkapnya.
 
Dewi juga mengatakan, pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut.
 
"Nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungan diantaranya kepedulian sosial dan lingkungan, disamping penanaman nilai kebangsaan sehingga menumbuhkan rasa nasionalis dan menghargai keberagaman yang perlu dimulai sejak dini," tambah Dewi. (ade)
 

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER