• Follow Us On : 

SMAN 7 Pekanbaru Ditunjuk Sebagai Sekolah Kewirausahaan oleh Kemendikbud RI

SMAN 7 Pekanbaru Ditunjuk Sebagai Sekolah Kewirausahaan oleh Kemendikbud RI
Kamis, 11 Juli 2019 - 21:21:26 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Dari 204 sekolah di Indonesia, SMAN 7 Pekanbaru resmi ditunjuk sebagai satu-satunya sekolah kewirausahaan (KWU) di Kota Pekanbaru. Penunjukan tersebut, setelah memenuhi standar yang ditetapkan Kemendikbud.
 
Kepala SMAN 7 Pekanbaru, DR Hj Nurhafni MPd menjelaskan, penunjukkan sekolah sebagai percontohan kewirausahaan tersebut tidaklah mudah membalik telapak tangan, semua harus melalui penilaian oleh tim asesor dari pihak Kemendikbud. 
 
"Proses pengembangan Program kewirausahaan dilaksanakan berbasis wilayah dan memperkuat kolaborasi ekosistem Asosiasi, Bisnis, Komunitas, Pemerintah dan Media (ABCGM)," jelas Nurhafni.
 
Menurut Nurhafnj, program kewirausahaan dimaksudkan sebagai salah satu upaya memberi bekal kepada peserta didik agar mereka memahami konsep kewirausahaan, memiliki karakter wirausaha, mampu memanfaatkan peluang dan mendapatkan pengalaman langsung berwirausaha, serta terbentuknya lingkungan sekolah yang berwawasan kewirausahaan
 
"Dalam rangka pemantapan karakter kewirausahaan, maka SMAN 7 Pekanbaru menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program KWU pada warga sekolah, warga sekitar termasuk sekolah imbas (SMA sedar, SMA Serirama, SMA Nuruh Falah, SMAN 3 Pekanbaru dan SMAN 15 Pekanbaru), siswa, guru dan orgtua siswa. Kegiatan itu dibuka oleh Sekretaris Disdik Riau Ahyu Suhendra, dihadiri juga oleh Plt PGRI Prov Riau Werkanis," ungkapnya.
 
Ia menjelaskan bahwa ada 204 sekolah di seluruh Indonesia yang memiliki Program Kewirausahaan, maka suatu hal yang luar biasa dan membanggakan ketika SMAN 7 Pekanbaru menjadi salah satu sekolah yang ditunjuk dan diamanahkan untuk mengelola Program Kewirausahaan.
 
Adapun tujuan dari program KWU adalah: 
1. Meningkatkan daya inisiatif sekolah untuk mengembangkan program kewirausahaan.
2. Memperkuat pendidikan karakter peserta didik melalui program kewirausahaan di SMA.
3. Memperkuat aspek kreatifitas dan literasi dalam berwirausaha.
 4. Mendorong sekolah untuk mengembangkan pribadi pesert didik yang memiliki karakter wirausaha.
5. Mengoptimalkan pendayagunaan potensi sumber day sekolah, keunggulan lokal dan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikn kewirausahaan.
6. Mendorong sekolah untuk menjalin kemitraan dengan ekosistem ABCGM dalam mengembangkan program kewirausahaan.
7. Mengembangkan praktik - praktik terbaik penyelenggaraan program kewirausahaan berbasis keunggulan lokal yang dapat dirujuk sekolah lain
 
"Dari kegiatan ini, hasil yang kita harapkan agar terbentuknya jiwa-jiwa enterpreneur pada peserta didik, kreativitas dan literasi dalam berwirausaha meningkat, daya inisiatif sekolah untuk mengembangkan program kewirausahaan meningkat," jelas Nurhafni.
 
Selain itu, Nurhafni juga berharap dengan program KWU ini agar pendayagunaan potensi sumberdaya sekolah, keunggulan lokal dan masyarakat meningkat secara optimal, kemitraan dengan ekosistem ABCGM terjalin dalam mengembangkan program kewirausahaan terjalin dan terbentuk praktik-praktik terbaik (best practices) penyelenggaraan program kewirausahaan berbasis keunggulan lokal yang dapat dirujuk sekolah lain. (ade)
 
 

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER