• Follow Us On : 

Bantu Siswa Baru Beradaptasi, SMPN 34 Pekanbaru Gelar PLS

Bantu Siswa Baru Beradaptasi, SMPN 34 Pekanbaru Gelar PLS
Selasa, 09 Juli 2019 - 19:36:22 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - SMPN 34 Pekanbaru, menggelar Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) selama tiga hari 08-10 Juli 2019. Kegiatan tersebut untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya.
 
"Ini sanggat penting untuk didahulukan biar anak sekolah lebih memahami lingkungan sekolah barunya," kata Kepala SMPN 34 Pekanbaru, Dra Rima Pepitra MM melalui Ketua Pelaksana Hasna Eli SPd.
 
Eli mengatakan, PLS menjadi ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. Juga sebagai perantara untuk membuat peserta didik baru mengenali lingkungan sekolahnya. "PLS sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah," ungkapnya.
 
Menurutnya, PLS penting dilakukan agar siswa baru tidak kebingungan saat masuk sekolah. "Biar mereka tahu situasi atau fasilitas-fasilitas sekolah, seperti perpustakaan, ruang komputer, laboratorium, maupun yang lainnya," ujar Eli.
 
Eli menambahkan, kegiatan tersebut melibat guru dan Osis. Adapun kegiatan diawali dengan upacara bendera, dilanjutkan dengan upacara pembukaan PLS, penyematan tanda pengenal MPLS TP.2019/2020 oleh Kepala Sekolah sekaligus upacara gabungan pembagian kelompok atau regu oleh guru pembimbing Utama S.HI, Senin (08/07/2019). 
 
"Hari pertama kegiatan PLS diisi dengan materi kegiatan pembiasaan salam, senyum, sapa, sopan dan santun beserta pergaulan guru, tenaga pendidikan dan siswa. Termasuk sikap simpati, empati, sportif dan saling menghargai. Kemudian dilanjutkan dengan praktek keagamaan, Sholat Duha dan istirahat," tambahnya.
 
Setelah itu, lanjutnya, ada kegiatan mengenal warga sekolah, visi-misi program kegiatan, cara belajar, mengenal fasilitas sarana dan prasarana sekolah serta tata tertib sekolah. Kemudian, kegiatan hari pertama PLS diakhiri dengan beribadah keagamaan bersama, Shalat Zuhur, kedisiplinan dan absensi pulang.
 
Lebih jauh disampaikannya, untuk hari kedua PLS diawali dengan mengaji bersama, absensi, literasi, praktek keagamaan, Shalat Duha, dan istirahat. Lalu ada penampilan bakat siswa baru, beribadah keagamaan bersama, Shalat Zuhur, kedisiplinan dan absensi pulang.
 
"Pada hari ketiga atau hari terakhir PLS, setelah mengaji bersama dan absensi ada senam bersama, mengenal minat bakat siswa SMPN 34 Pekanbaru, penampilan Ekskul Pramuka, keagamaan, Shalat Duha dan istirahat," jelas Eli.
 
Eli menambahkan, setelah siswa baru istirahat, ada penampilan Ekskul Pasus, penampilan Ekskul Drumband, penampilan Ekskul Kabaret, penampilan Ekskul Seni Tari dan Musik. 
 
"Usai penampilan Ekskul-ekskul, akan ada penyerahan formulir Ekskul dan surat pernyataan kepada para siswa baru. Lalu dilanjutkan dengan beribadah keagamaan bersama dan Shalat Zuhur. Acara diakhiri dengan upacara penutupan PLS, makan bersama dan salam-salaman," pungkasnya. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER