• Follow Us On : 

Pagelaran Seni Budaya Nusantara di SMAN 7 Pekanbaru, Ajang Kreativitas Siswa

Pagelaran Seni Budaya Nusantara di SMAN 7 Pekanbaru, Ajang Kreativitas Siswa
Sabtu, 22 Juni 2019 - 14:54:01 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - SMAN 7 Pekanbaru sukses mengadakan pagelaran seni budaya nusantara, Selasa (19/06/2019) di halaman sekolah. Kegiatan tersebut digelar untuk mengembangkan bakat dan kreativitas siswa.
 
Kepala SMAN 7 Pekanbaru, Hj Nurhafni MPd mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan sekolah dan Kegiatan itu menjadi wadah bagi siswa dalam menampilkan kreatifitas seni dan bakat yang dimikili. Hadir dalam kegiatan tersebut, Komite Sekolah Sibawahi dan Koordinator Pengawas  Joyosman, MM.
 
Menurutnya, pagelaran budaya seni adalah dalam rangka menumbuh kembangkan bakat dan minat siswa kelas X dan XI. Selama ini siswa bergelut dengan teori formal didalam kelas, jadi saat inilah momen menyegarkan fikiran dengan mempraktekkan ilmu seni yang didapat di jam pelajaran.
 
"Inilah momen untuk menampilkan kreatifitas dan jati diri siswa  dalam bentuk seni suara dan gerak tari dalam bentuk pentas seni. Tujuannya selain agar siswa memiliki kompetensi akademik yang mumpuni juga agar siswa mempunyai kompetensi non akademik yang bagus. Pentas seni juga sebagai ajang menyeimbangkan diri. Sehingga lebih siap dan lebih tenang menghadapi ujian semester nanti," kata Nurhafni.
 
Nurhafni menjelaskan, berbagai penampilan dari kreatifitas siswa ditampilkan berupa tarian dan musik tradisional. Salah satunya tari rentak bulian, lancang kuning dan lainnya.
 
"Kegiatan ini selain dalam rangka program tahunan akhir tahun pelajaran 2018/2019, juga merupakan ajang mencari bakat minat dan kreativitas siswa. Dimana, kegiatan tersebut juga diliput oleh stasiun TV yaitu TVRI, untuk mengisi Aneka Bakat dan Gaya (ABG)," ungkapnya.
 
Ia menambahkan, pagelaran seni yang ditampilkan hari ini pun merupakan hasil pendidikan seni yang siswa tempa selama ini. "Kreatifitas siswa ini pun telah berulang kali ditampilkan dibeberapa kesempatan. Agar siswa kembali segar dan bergairah belajar maupun menghadapi ujian," tambah Nurhafni.
 
Lebih jauh disampaikannya, SMAN 7 Pekanbaru sebagai sekolah sahabat keluarga tingkat nasional terus berbenah serta bersinergitas dengan lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. 
 
"Pagelaran seni ini juga untuk meningkatkan apresiasi siswa terhadap hasil karya seni dan budaya daerah. Sekolah memiliki peranan penting untuk melestarikan dan mengembangkan hasil karya seni dan budaya tradisional daerah," ujarnya.
 
Nurhafni mengatakan, Pensi ini menjadi ajang kreasi untuk mengeskplor bakat dan minat siswa. Kegiatan rutin sekolah ini bertujuan untuk menuangkan bakat siswa yang terpendam, sehingga siswa dapat terus berkreatifitas guna mengembangkan bakat diri baik di sekolah atau di masyarakat. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER