• Follow Us On : 

SMPN 42 Pekanbaru Gelar Bukber Sekaligus Santuni Anak Yatim dan Penyerahan Zakat Fitrah Untuk Duafa

SMPN 42 Pekanbaru Gelar Bukber Sekaligus Santuni Anak Yatim dan Penyerahan Zakat Fitrah Untuk Duafa
Sabtu, 18 Mei 2019 - 22:16:33 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Usai pelaksanaan pesantren kilat dan ujian semester genap, SMPN 42 Pekanbaru menutup seluruh kegiatan dengan menggelar acara buka bersama (Bukber) dengan keluarga besar SMPN 42 Pekanbaru, Sabtu (18/05/2019). Kegiatan tersebut juga sekaligus pemberian santunan kepada anak yatim, piatu dan Duafa.
 
Kepala SMPN 42 Pekanbaru, Hj Misrawati SPd MM menjelaskan, kegiatan sosial ini merupakan upaya pihak sekolah dalam menanamkan rasa peduli kepada seluruh pelajar. Dana yang dikumpulkan dari infak komite sekolah, guru dan siswa selama ramadhan.
 
"Kami ingin membangun sifat peduli terhadap sesama mereka sejak dini, sehingga mereka tumbuh menjadi anak-anak yang dermawan. Berbagi kepada yang membutuhkan merupakan perintah agama Islam," jelas Misrawati. 
 
Dijelaskannya, ada 47 siswa yatim, piatu dan duafa yang menerima santunan. Dimana, 20 orang siswa yatim dan piatu menerima santunan sebesar Rp. 315.000 per orangnya dan 27 orang duafa atau fakir miskin menerima zakat fitrah sebesar Rp. 190.000 ditambah 1 karung beras.
 
Misrawati menyampaikan, kegiatan berbuka puasa bersama diawali dengan mengaji dilanjutkan ceramah agama oleh ustad Rahmad Marzuki, pembagian santunan anak yatim dan penyerahan Zakat Fitrah.
 
"Lalu kita makan bersama dengan seluruh guru, staf, komite dengan mengikutsertakan masing-masing keluarga dan semua peserta didik. Setelah itu, kita melaksanakan Shalat Magrib berjamaah dan ditutup dengan pemberian hadiah Imtaq," ujar Misrawati.
 
Dia berharap, dengan serangkaian kegiatan ini dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta didik. Menurutnya, meski ini merupakan kegiata pertama diadakan sekolah, namun akan dijadikan agenda tahunan sekolah.
 
"Harapan kita, tahun berikutnya bisa lebih baik lagi, lebih banyak yang mau menyantuni anak yatim dan gurunya bisa lebih banyak lagi yang berzakat disini. Semoga dengan adanya kegiatan ini, para peserta didik bisa menjadi anak yang berbakti dan bermanfaat bagi keluarga, nusa, dan bangsa," pungkasnya. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER