• Follow Us On : 

Pesantren Ramadhan Wadah Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SMPN 11 Pekanbaru

Pesantren Ramadhan Wadah Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SMPN 11 Pekanbaru
Kamis, 09 Mei 2019 - 13:50:08 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Siswa SMPN 11 Pekanbaru melaksanakan pesantren kilat di sekolah, Kamis (9/5/2019). Kegiatan itu dinilai merupakan penguatan pendidikan berkarakter bagi pelajar. 
 
"Penguatan pendidikan karakter kami kemas dalam kegiatan pesantren kilat. Kegiatan dilaksanakan selama lima hari. Dimulai hari Selasa (7/05) dan diakhiri pada hari Sabtu (11/05). Lalu pada Jumat 17 Mei 2019 dilanjutkan buka puasa bersama guru dengan siswa-siswi yatim piatu," ujar Kepala SMPN 11 Pekanbaru, Edison Malau SPd.
 
Malau menambahkan, pada Sabtu (18/05) akan ada penyerahan infak dari warga sekolah selama satu tahun ditambah sumbangan dari orangtua siswa kepada siswa-siswi yatim piatu. Ia mengatakan, kegiatan pesantren kilat telah disiapkan oleh panitia. 
 
"Setiap hari diagendakan beberapa rangkaian kegiatan tersebut.  Rangkaian kegiatan setiap harinya dimulai sekitar pukul 08.00-13.00 WIB. Kegiatan pesantren kilat merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap Ramadan," ungkapnya.
 
Dijelaskannya, bahwa rangakaian kegiatan pesantren kilat diawali dengan kegiatan imtaq atau pagi mengaji, dilanjutkan proses belajar mengajar pada pukul 08.30-11.30. Kemudian pada pukul 11-30-13.00 diteruskan kegiatan keagamaan dan diakhiri dengan Shalat Zuhur berjamaah.
 
"Kegiatan pesantren kilat selain untuk meningkatkan pengetahuan agama para siswa, kegiatan ini diharapkan dapat mengajarkan kedisiplinan bagi siswa terutama dalam membentuk moral, akhlak, serta memperbaiki ibadah siswa," jelas Malau.
 
Lebih jauh Malau menyampaikan, tujuan diadakannya kegiatan ini salah satunya adalah untuk mengisi waktu luang para siswa dengan kegiatan yang bermanfaat hingga tiba waktunya ujian kenaikan kelas pada hari Senin (13/05/2019) mendatang.
 
"Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan Pesantren Kilat ini. Melalui Pesantren Kilat, kami ingin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa sehingga berbudi pekerti luhur. Siswa juga diharapkan dapat  me­ning­katkan pemahaman, pengha­yatan, dan pengamalan tentang ajaran agama Islam se­hingga men­jadi manusia mus­lim yang beriman dan disiplin," pungkasnya. (ade)
 

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER