• Follow Us On : 

Khatam Alquran Penutup Pesantren Ramadhan di SMPN 20 Pekanbaru

Khatam Alquran Penutup Pesantren Ramadhan di SMPN 20 Pekanbaru
Rabu, 08 Mei 2019 - 15:31:13 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - SMPN 20 Pekanbaru menggelar pesantren kilat ramadhan. Kegiatan ini dilaksanakan mengingat proses pembelajaran tahun ajaran 2018/2019 dilaksanakan pada bulan Ramadhan.
 
''Selain melakukan proses pembelajaran dengan jam belajar yang sudah diatur oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru, selama ramadhan kami akan melakukan sejumlah kegiatan keagamaan, salah satunya adalah pesantren kilat,'' ujar Kepala SMPN 20 Pekanbaru Zamhuri SPd.
 
Zamhuri mengatakan, pesantren kilat dilaksasanakan sebagai upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan (Imtaq) warga sekolah, khususnya peserta didik. Dijelaskannya, seluruh siswa-siswi kelas VII dan VIII mengikuti kegiatan pesantren kilat ini, yang dilaksanakan selama lima hari yaitu mulai tanggal 7 hingga 11 Mei 2019.
 
"Kegiatan itu merupakan program rutin sekolah yang berkaitan dengan peningkatan ilmu, ketaqwaan, keimanan untuk membentuk pribadi muslim yang tangguh dalam menghadapi kemajuan pembangunan serta teknologi sekarang," ungkapnya.
 
Menurutnya, kemajuan jaman, pembangunan dan teknologi tentunya harus serta perlu diikuti secara seksama tapi masalah keimaman dan ketaqwaan jangan sampai dilupakan. Bahkan harus lebih ditingkatkan untuk menyeimbangkan hasil yang dicapai selama ini.
 
"Keberhasilan manusia tak hanya dilihat dari kehidupan duniawi saja tapi juga harus menyiapkan diri untuk bekal dihari nanti. Diharapkan, dengan kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi anak didik SMPN 20 Pekanbaru," kata Zamhuri. 
 
Lebih jauh Zamhuri menyampaikan, kegiatan diawali dengan kegiatan iman dan taqwa, dilanjutkan Tadarus lalu kegiatan belajar mengajar dan Shalat Zuhur berjamaah. Pada hari terakhir pesantren kilat Sabtu (11/05) akan ditutup dengan khatam Alquran yang dipandu guru agama. 
 
"Selama mengikuti pesantren kilat ini diharapkan siswa-siswi dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh. Sehingga, saat selesai atau pulang nanti dapat menguasai ilmu yang diperoleh dalam kegiatan ini," tambahnya.
 
Zamhuri menambahkan, kegiatan pesatren kilat yang dilakukan di lingkungan sekolahnya untuk membentuk karakter bagi siswa yang ada, agar dapat bermanfaat dalam menjalankan kehidupan sekarang ini. "Tak hanya itu, kegiatan Pesantren kilat diharapkan dapat menjadi modal pendidikan untuk masa kini dan mendatang," imbuhnya. (ade)
Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER