• Follow Us On : 

275 Siswa SMPN 12 Pekanbaru Khatam, Syafrida Ali: Al-Quran Sebagai Pedoman Hidup

275 Siswa SMPN 12 Pekanbaru Khatam, Syafrida Ali: Al-Quran Sebagai Pedoman Hidup
Jumat, 26 April 2019 - 15:10:26 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Kepala Bidang (Kabid) SMP Kota Pekanbaru, Nurbaiti MPd membuka khatam Al-Qur'an di SMPN 12 Pekanbaru, Jumat (26/04/2019). Sebanyak 275 siswa kelas IX didampingi ratusan adik-adik kelasnya melakukan pawai keliling lingkungan sekolah sebagai tanda bahwa siswa-siswi SMPN 12 Pekanbaru sedang melakukan Khatam Al-Quran.
 
Nurbaiti menyampaikan, bahwa program sekolah mengaji ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh siswa, baik siswa yang awalnya belum bisa mengaji sekarang telah bisa mengaji dan bahkan mampu menghafal Al-Qur'an. 
 
Ia juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada keluarga besar SMPN 12 Pekanbaru, termasuk kepada seluruh wali murid yang telah memberikan kontribusi yang besar dalam memberikan pemahaman terhadap anak didik. 
 
"Sehingga mereka dapat menjadi kebanggaan bagi semua kalangan dengan kemampuan mengkhatamkan Al-Qur'an di SMPN 12 Pekanbaru. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kebijakan mengaji sebelum pelajaran dimulai. Karena dengan membaca Al-Qur'an dapat meningkatkan kecerdasan kepada anak didik," ujarnya.
 
Selain itu lanjut Nurbaiti, masyarakat dapat maju dan berdaya saing melalui pendidikan sesuai visi misi Kota Pekanbaru Smart City Madani. Dimana, yang dimaksud dengan masyarakat madani itu adalah masyakarat Agamis, Religius, mencintai, mempelajari, memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai agama dalam segala aspek kehidupan.
 
Lebih jauh Nurbaiti menyampaikan, jika SMPN 12 Pekanbaru saat ini juga merupakan salah satu sekolah pilot project Elektronic Archive (e-Archive). Dimana, E-Archive merupakan suatu sistem atau tata cara mengumpulkan informasi dalam bentuk dokumen yang direkam dan disimpan memakai teknologi komputer berupa dokumen elektronik (Document Management System/e-Documents) yang bertujuan supaya dokumen mudah dilihat, dikelola, ditemukan dan dipakai kembali.
 
"Saya berharap kedepan, SMPN 12 Pekanbaru bisa lebih maju dan mampu mengaplikasikan pendidikan karakter yang mana mempunyai lima unsur yakni, religius, nasionalis, integritas, mandiri dan gotong royong," ungkapnya.
 
Sementara, Kepala SMPN 12 Pekanbaru, Syafrida Ali SPd mengatakan, bahwa Khatam Quran ini adalah agenda tahunan sekolah. Ia menjelaskan bahwa ada beberapa agenda yang dilakukan dalam kegiatan Khatam Quran. Dimulai dari pawai bersama, penampilan rebana dari majelis guru dan pelaksanaan Khatam Quran.
 
"Kita berharap kepada siswa yang telah Khatam Quran bisa menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup dan kepada orang tua diminta untuk selalu mengingatkan anak-anak dalam hal membaca Al-Quran," kata Ida panggilan akrab Syafrida Ali. 
 
Ida menambahkan, dari 275 siswa yang mengikuti khatam, ada 90 siswa perwakilan yang membaca juz 30. Disampaikannya, dalam kegiatan Khatam Quran SMPN 12 Pekanbaru, turut hadir Kabid SMP Disdik Pekanbaru Nurbaiti, komite sekolah, guru, wali murid dan peserta didik. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER