• Follow Us On : 

182 Siswa SMKN 4 Pekanbaru Ikuti Uji Kompetensi Keahlian

182 Siswa SMKN 4 Pekanbaru Ikuti Uji Kompetensi Keahlian Kepala SMKN 4 Pekanbaru, Zulfikar (ade)
Rabu, 10 April 2019 - 12:50:31 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Sebanyak 182 siswa kelas XII SMKN 4 Pekanbaru mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dan Sertifikasi siswa. Pembukaan UKK tersebut berlangsung pada, Senin (8/04/2019) di halaman sekolah. 
 
Menurut Kepala SMKN 4 Pekanbaru, Zulfikar SPd, ujian kompetensi siswa ini merupakan ujian keterampilan yang berstandar nasional. Siswa yang mengikuti UKK terdiri dari tiga Program Keahlian yaitu, Desain Komunikasi Visual (DKV), Kria Kreatif kayu dan Rotan (K3R) dan Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL).
 
"Sementara yang melakukan penilain terhadap ujian tersebut merupakan Asesor internal sekolah dan eksternal yaitu Dunia Usaha dan Dunia Industri (DuDi) dengan jurusan yang sama," ujar Zulfikar.
 
Zulfikar menagatakan, ujian ini akan berlangsung mulai 8 sampai 12 Apri 2019. Ia menyampaikan, UKK bertujuan untuk peningkatan mutu dan keterampilan bagi siswa. "Jadi janganlah pernah targetkan UKK ini hanya sebatas mencari nilai kelulusan semata. Namun berusahalah menunjukkan kemampuan semaksimalnya," katanya.
 
Ditambahkannya, UKK adalah ujian akhir yang bersifat nasional sama dengan UNBK, hanya saja UKK tugasnya praktek yang soalnya dibuat berstandar BNSP. 
 
"UKK juga salah satu syarat peserta untuk mendapatkan sartifikat keahlian untuk bekerja di sebuah industri setelah selesai sekolah dari sini," tambah Zulfikar. 
 
Ia juga menjelaskan, UKK dilaksanakan mulai tanggal 8-12 April  2019, dengan jumlah pesetra 182 peserta. Terdiri dari Desain Komunikasi Visual (DKV) 66 siswa, Kria Kreatif kayu dan Rotan (K3R) 48 siswa dan Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL) 68 siswa.
 
"Kita berharap peserta ujian dapat melaksanakan tugasnya dengan tertib, semoga pelaksanaan UKK tahun ini berjalan dengan lancar," harapnya. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER