• Follow Us On : 

Pembelajaran Karakter, SMPN 42 Pekanbaru Peringati Isra Mi'raj 1440 H

Pembelajaran Karakter, SMPN 42 Pekanbaru Peringati Isra Mi'raj 1440 H Pembagian amplop senyum yatim piatu dan duafa kelas VII (ade)
Jumat, 05 April 2019 - 15:49:16 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Ratusan siswa-siswi SMPN 42 Pekanbaru antusias dalam peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1440 H yang berlangsung di halaman sekolah. Peringatan hari besar keagamaan semacam ini merupakan salah satu cara pembelajaran karakter di sekolah.
 
Peringatan hari besar keagamaan ini menampilkan penceramah Ustad Syamsurizal MPd, serta segenap komponen sekolah.
 
Dalam ceramahnya, Syamsurizal memotivasi para siswa untuk senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT serta semakin mengasah kecintaan kepada Rasulullah Nabi Muhammad SAW.
 
"Sebagai generasi penerus bangsa, tugas para siswa adalah belajar untuk mewujudkan cita-cita yang didambakan. Tapi ibadah tetap yang utama dengan bertaqwa kepada Allah SWT seraya menerapkan perilaku suri tauladan Nabi Muhammad SAW," ujarnya dihadapan para siswa.
 
Syamsurizal menuturkan peringatan Isra Miraj bertujuan meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai keagamaan untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bagi kalangan siswa maupun segenap komponen sekolah.
 
"Hikmah peringatan ini kami bermaksud para siswa supaya lebih giat lagi dalam belajar agar dapat menjadi insan-insan yang berkualitas dan berdaya saing," harapnya.
 
Sementara Kepala SMPN 42 Pekanbaru, Hj Misrawati SPd MM menjelaskan, acara ini diawali dengan pembacaan Alquran oleh siswa lalu dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Ustad Syamsurizal. 
 
"Kemudian untuk memotivasi siswa mengikuti acara tersebut maka dibuat kuis yang berhubungan dengan peringatan Isra Mi'raj yang dipandu oleh ustad," jelas Misrawati.
 
Misrawati berharap, semoga dengan peringatan Isra Mi'raj ini, siswa-siswi dapat mengambil hikmahnya dan mengamalkan perintah shalat wajib lima waktu bukan lagi sebagai kewajiban tetapi sebagai kebutuhan sebagai umat yang beragama.
 
"Saya ingin mengucapkan  terimakasih kepada semua pihak atas terlaksananya peringatan Isra Mi’raj  Nabi Muhammad SAW 1440 H. Semoga dengan peringatan Isra Mi’raj ini dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya.
 
Ia mengatakan bahwa kegiatan Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H merupakan tahun kedua dilaksanakan di sekolah. Menurutnya, keberhasilan generasi emas itu dapat dicapai harusnya dimulai dari sekarang, agar dapat tercapai pembentukan karakter yang positif sehingga  pembinaan keagamaan harus terus ditingkatkan lagi.
 
"Intinya peringatan ini adalah untuk mengingatkan sholat dengan keiklasan hati tanpa paksaan dan kegiatan ini janganlah dibuat sebagai acara seremonial saja," kata Misrawati. 
 
Acara peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 ini di selingi dengan penampilan rebana dan Hafiz Quran oleh siswa-siswi SMPN 42 Pekanbaru. Para siswa, guru dan staf yang hadir menyimak dengan khusu’. Selanjutnya diteruskan dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah. 
 
Acara ditutup dengan pembagian amplop senyum yatim piatu dan duafa kepada 28 siswa yang berhak menerimanya. (ade)
Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER