• Follow Us On : 

Khatam Alquran SMPN 4 Pekanbaru Berlangsung Khidmat

Khatam Alquran SMPN 4 Pekanbaru Berlangsung Khidmat
Kamis, 04 April 2019 - 13:41:06 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - 279 siswa kelas IX SMPN 4 Pekanbaru melaksanakan pawai takruf mengintari sejumlah ruas jalan di sekitar sekolah. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara dari seremoni Khatam Alquran di sekolah tersebut.
 
Menurut Kepala SMPN 4 Pekanbaru, H Ridwan MPd, pelaksanaan khatam Alquran tersebut merupakan wujud implementasi dari penerapan program sekolah mengaji yang sudah diterapkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di seluruh sekolah setiap pagi menjelang proses belajar mengajar berlangsung.
 
"Khatam al qur'an ini merupakan implementasi dari sekolah mengaji dan literasi mengaji dan ini merupakan angkatan VIII kita laksanakan di sekolah. Dimana tujuan pelaksanaan kegiatan khatam al qur’an ini adalah untuk memotivasi peserta didik dalam membaca, dan memahami kitab suci umat Islam tersebut," ujar Ridwan.
 
Ridwan mengatakan, setelah pawai taaruf, para siswa kemudian berkumpul di lapangan yang menjadi tempat digelarnya prosesi khatam Alquran. Secara bergantian pelajar beserta para guru membacakan juz 30, bagian terakhir dalam Alquran. Kegiatan Khatam kali ini mengangkat tema "Mari Kita Amalkan Isi Kandungan Alquran Dalam Kehidupan Sehari-hari".
 
"Kemudian dilanjutkan dengan muhasabah, Dimana siswa kelas IX yang khatam akan meminta restu orangtua masing masing agar lancar menjawab soal-soal UN nanti. Saya berharap, melalui khatam Al Quran, Zikir dan Muhasabah kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan," ungkapnya.
 
Ridwan menambahkan, bahwa pelaksanaan khatam Alquran tersebut merupakan salah satu upaya sekolah dalam mempersiapkan mental siswa kelas IX menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 22 April mendatang.
 
''Tidak hanya itu, pelaksanaan khatam Alquran ini juga untuk mengakrabkan siswa dengan kitab suci Alquran sebagai pedoman hidup manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari,'' tambah Ridwan.
 
Lebih lanjut, Ridwan menjelaskan bahwa pelaksanaan khatam dilaksanakan, karena siswa telah tuntas membaca Alquran. Dimana setiap pagi, sebelum masuk kelas untuk belajar seluruh siswa berkumpul di lapangan sekolah.
 
''Barangkali kalau di rumah mereka tidak sempat dan mungkin juga tidak terkondisikan untuk membaca Alquran. Karena itu, dengan adanya program sekolah mengaji ini bisa mendekatkan anak-anak pada Alquran,'' terangnya. (ade)
Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER