• Follow Us On : 

Kasi Kepribadian Dit PSMA Kemendikbud RI Pantau UNBK di SMAN 7 Pekanbaru

Kasi Kepribadian Dit PSMA Kemendikbud RI Pantau UNBK di SMAN 7 Pekanbaru
Senin, 01 April 2019 - 22:00:37 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Kasi Kepribadian Dit PSMA Kemendikbud RI Alex Firngadi MA memonitoring pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 7 Pekanbaru, Senin (01/04/2019). Pada kesempatan itu, Alex ingin memeriksa apakah sistem UNBK berjalan lancar.
 
Menurut Kepala SMAN 7 Pekanbaru, Hj Nurhafni MPd, selain kunjungan dari Kasi Kepribadian Dit PSMA Kemendikbud RI Alex Firngadi, sekolah yang dipimpinya tersebut juga dapat kunjungan dari BSNP Kemendikbud, Prof Zainal A Hasibuan, Dewan Pendidikan Provinsi dan Koordinator Widya Iswara Khalis Binsar.
 
"Pak Alex Firngadi Kasi Kepribadian Dit PSMA Kemendikbud RI, terlihat memastikan lembar kehadiran setiap ruangan terisi oleh masing-masing siswa. Sepuluh menit sebelum ujian dimulai, pak Alex sempat memberikan motivasi kepada siswa-siswi dalam menghadapi UNBK," ungkap Nurhafni.
 
Nurhafni mengatakan, kedatangan Alex Firngadi Kasi Kepribadian Dit PSMA Kemendikbud RI, untuk melihat langsung kegiatan UNBK sekaligus melihat kondisi di SMAN 7 Pekanbaru serta melihat kondisi fisik sekolah dan komputer. Selain itu, ia juga memantau apakah sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berjalan lancar.
 
"Tahun ini ada 250 siswa SMAN 7 Pekanbaru mengikuti UNBK, jumlah tersebut dibagi untuk jurusan IPA 103 siswa dan IPS 147 siswa. Setiap ruang ada satu pengawas, satu proktor dan satu teknisi yang dibagi kedalam 2 ruangan untuk 3 sesi," katanya.
 
Nurhafni memastikan tidak akan ada kebocoran soal ujian berbasis komputer itu. Ia optimistis setiap siswa dapat mandiri dalam mengerjakan setiap ujian yang diujikan.
 
"Saya optimistis UNBK dijaga dengan baik, saya bisa melihat secara kasat mata semua siswa tidak akan berpengaruh dengan bocoran kunci, semua siswa juga tahu soalnya di kanan-kirinya berbeda, jadi untuk apa mereka harus mencontek sementara waktu di komputer berjalan terus," tambah Nurhafni. 
 
Sementara Kasi Kepribadian Dit PSMA Kemendikbud RI Alex Firngadi MA menjelaskan, dari pantauannya di SMAN 7 Pekanbaru, ia menilai kesiapan sekolah tersebut sudah sangat baik. :Di SMAN 7 pelaksanaan UNBK berjalan lancar sesuai dengan SOP yang sudah kita desain," jelas Alex.
 
Alex menambahkan, kedatangannya ke SMAN 7 Pekanbaru selain memonitoring pelaksanaan UNBK juga untuk melihat persiapan dari awal hingga akhir.
 
"Misalnya, ketersediaan komputer untuk dua ruang dengan 3 sesi, lalu kemampuan daya listrik apakah memadayai atau tidak, pantauan listrik padam atau tidak juga sangat penting untuk UNBK," tambahnya. 
 
Ditanya tanggapannya soal pelaksanaan UNBK, Alex menyampaikan, dengan UNBK ini semua jadi lebih simpel atau sederhana dan hasilnya cepat langsung sampai ke pusat. Begitu pula untuk tingkat kebocoran soal sangat minim bahkan tidak ada. Ia mengatakan, dengan UNBK banyak keuntungan-keuntungan yang didapat.
 
"Sementara untuk penunjukan, dipilihnya SMAN 7 Pekanbaru kita monitoring, itu langsung dari pusat. Di Indonesia ada 150 sekolah yang akan kita pantau, SMAN 7 Pekanbaru salah satunya. Saya sudah keliling SMAN 7, yang saya lihat sudah cukup bagus, tertata rapi dan fasilitasnya juga cukup lengkap," pungkasnya. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER