• Follow Us On : 

Era Digital, USBN SMKN 1 Pekanbaru Menggunakan Android

Era Digital, USBN SMKN 1 Pekanbaru Menggunakan Android
Senin, 18 Maret 2019 - 21:06:37 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Untuk pertama kalinya pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di SMKN 1 Pekanbaru menggunakan ponsel berbasis android berjalan lancar. Sebanyak 344 siswa yang terbagi di 5 ruang antusias mengikuti jalannya ujian sekolah.
 
Kepala SMKN 1 Pekanbaru Nurman Syafi'i SPd, melalui Waka Kurikulum Dra Hj Nursawiyah MPd mengatakan, bahwa sekolahnya saat ini sudah melaksanakan USBN menggunakan android.
 
"Mekanismenya telah kita atur dengan memakai aplikasi tersendiri, setiap peserta ujian nanti mengunduh aplikasi tersebut kemudian soal dan jawaban melalui aplikasi yang telah disiapkan," ungkap Nursawiyah .
 
Nursawiyah menambahkan, untuk jaringan, pihak sekolah telah menyiapkan Wi-Fi sendiri. Aplikasi untuk USBN sudah disiapkan untuk meminimalisir kecurangan, yakni saat ujian dan peserta sudah masuk diaplikasi tersebut tidak bisa lagi keluar sebelum jawaban semuanya selesai. 
 
"Banyak yang mengkhawatirkan adanya kecurangan saat ujian, karena alat yang digunakan dengan handphone android. Karena sewaktu-waktu peserta bisa saja mencari jawaban melalui google. Namun, aplikasi yang disiapkan secara otomatis akan mengetahui jika peserta ujian keluar dan kembali login aplikasi. Jadi kami rasa, USBN akan berjalan transparan," jelasnya. 
 
Lebih jauh disampaikannya, ujian sendiri berdurasi 90 menit dengan 50 soal objektif dan untuk mapel Matematika soal berdurasi 120 menit dengan 35 soal pilihan ganda dan 5 soal esay.
 
"Ini pelaksanaan pertama untuk USBN dengan menggunakan handphone di SMKN 1 Pekanbaru dan100 persen siswa kami siap mengikuti ujian ini. Kedepannya, pada ujian semester juga akan kita terapkan memakai android," pungkasnya. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER