• Follow Us On : 

261 Siswa SMP/MTs Pekanbaru Ikuti OSN Tingkat Kota

261 Siswa SMP/MTs Pekanbaru Ikuti OSN Tingkat Kota
Sabtu, 16 Maret 2019 - 14:31:19 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru menggelar seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) tingkat kota, Sabtu (16/03/2019). Kegiatan tersebut diikuti oleh 261 siswa SMP/MTs Se-Kota Pekanbaru, yang dipusatkan di SMPN 4 Pekanbaru.
 
Menurut Kepala Bidang (Kabid) SMP Kota Pekanbaru, Nurbaiti MPd, jumlah peserta OSN sebanyak itu, masing-masing mengikuti mata pelajaran yang dilombakan yaitu matematika 86 siswa, IPA 91 siswa dan IPS 84 siswa. 
 
"Peserta yang berhasil sebagai juara OSN tingkat kota berhak mendapatkan penghargaan dari Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru dan menjadi wakil untuk OSN tingkat Provinsi Riau," ujar Nurbaiti.
 
Nurbaiti menjelaskan, tujuan diadakannya kegiatan ini untuk meningkatka mutu pendidikan, khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi, Religious, Integritas, Nasionalisme, Mandiri dan Gotong royong. Selain itu, juga mengembangkan minat dan bakat peserta didik dalam bidang sains, menumbuhkembangkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan produtif, sebagai bekal dalam kehidupan.
 
Ia menambahkan, kegiatan ini juga untuk memotovasi sekolah agar berperan aktif dalam memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar bidang sains. Menanamkan sifat kompetitif, kerjasama dan sportivitas yang sehat sejak dini. 
 
"Tujuan digelarnya OSN SMP/MTs tingkat kota untuk mengukur prestasi siswa dalam menyerap dan menguasai mata pelajaran yang diberikan di sekolah. Dari lomba ini diharapkan lahir siswa berprestasi untuk selanjutkan mewakili Kota Pekanbaru pada OSN tingkat Provinsi dan tingkat nasional. Mudah-mudahan tahun ini menghasilkan anak-anak berprestasi tingkat kota untuk ke tingkat provinsi," ungkapnya. 
 
Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, H Abdul Jamal MPd dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi OSN SMP/MTs tingkat kota mengatakan, OSN menjadi ajang anak-anak pandai dan berkarakter menguji kemampuannya, sebagaimana tema OSN tahun 2019 yaitu "Mengembangkan Kemampuan 4K (Kritis, Kreatif, Kolaboratif dan Komunikatif) Siswa Melalui Sains".
 
"OSN ini ajang bergengsi bagi pelajar karena diawali dari seleksi di tingkat sekolah. Hasil terbaik (OSN tingkat kota, red) dikirim ke provinsi. Kita berharap tahun ini ada wakil Kota Pekanbaru di tingkat nasional," kata Jamal. 
 
Menurut Jamal, menjadi sebuah kebanggaan apabila pelajar Kota Pekanbaru bisa bersaing di level tertinggi. Apalagi, abad 21 harus mempunyai kompetensi kreatif, di mana kreatif bagian dari karakter melalui 3 mata pelajaran yang dilombakan dalam OSN. Siswa atau peserta dituntut mampu menguasai dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
 
"Apa artinya ilmu tapi tidak bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, banyaknya lomba yang digelar Dinas Pendidikan bukan hanya untuk menjadi pemenang tapi juga menguji. Kita doakan siapa saja yang mewakili ke tingkat provinsi nanti bisa berhasil," ujarnya.
 
Sementara dalam seremonial pembukaan OSN SMP/MTs tingkat Kota Pekanbaru dihadiri Kabid SMP Dinas Pendidikan Nurbaiti MPd, Kasi Kesiswaan SMP Kota Pekanbaru Hj Sri Familawaty MPd dan para kepala SMP negeri maupun swasta. Pantauan BingkaiRiau.com di lokasi lomba, terlihat ratusan para peserta OSN tingkat kota diuji kemampuannya sesuai mata pelajaran yang diikutinya. (ade)
Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER