• Follow Us On : 

Tanamkan Siswa Cinta Lingkungan, SDN 131 Pekanbaru Menuju Adiwiyata Kota

Tanamkan Siswa Cinta Lingkungan, SDN 131 Pekanbaru Menuju Adiwiyata Kota
Selasa, 26 Februari 2019 - 21:16:56 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Dalam mempersiapkan penilaian menuju sekolah Adiwiyata Tingkat Kota Pekanbaru, SDN 131 Pekanbaru mulai mempersiapkan segala sesuatunya. Salah satunya adalah penataan lingkungan sekolah dan persiapan administrasi untuk masing masing dokumen.
 
Menurut Kepala SDN 131 Pekanbaru, Mislidar SPd, menuju sekolah Adiwiyata Kota bukan hal yang mudah. Sebab, prosesnya bukan sekadar menerapkan budaya cinta lingkungan di lingkungan sekolah, melainkan juga pada gerakan yang melibatkan lingkungan sekitar. 
 
"Sekolah Adiwiyata itu sendiri yakni sekolah yang peduli lingkungan sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya Adiwiyata ini diharapakan seluruh masyarkat yang ada disekitar sekolah menyadari pentingnya akan lingkungan yang hijau bersih dan sehat," ujar Mislidar. 
 
Mislidar menyampaikan, ada banyak kegiatan yang dilakukan untuk menjadi Sekolah Adiwiyata. Di antaranya adalah aktif membiasakan hidup cinta lingkungan, baik dalam praktikum sebagai warga sekolah maupun dalam mata pelajaran.
 
"Siswa juga dibiasakan untuk tidak membuang sampah sembarangan, memininalisasi sampah plastik, mendaur ulang sampah, menanam tanaman dan pohon, green house, hidroponik, kolam ikan dan bank sampah," ungkapnya. 
 
Ditambahkannya, tak hanya itu, suasana sekolah juga harus lebih sejuk dengan rindangnya pepohonan dan tanaman di lingkungan sekolah. Ini yang akan diwujudkan oleh SDN 131 Pekanbaru dalam mengahadpi penilaian menuju Sekolah Kota.
 
"Saat ini sekolah masih dalam tahap perawatan untuk kebersihan. Baik dalam ruang kelas, ruang guru, toilet sekolah bahkan di lingkungan sekolah. Selain itu mulai dari siswa, guru maupun team kebersihan sekolah untuk selalu menjaga kebersihan sekolah. Salah satunya untuk selalu membuang sampah pada tempatnya," tambah Mislidar.
 
Mislidar mengatakan, dalam rangka peduli lingkungan didalam sekolah maupun diluar lingkungan sekolah untuk para pengajar harus selalu melakukan pembinaan secara terus menerus. "Nantinya para siswa akan terbiasa untuk selalu peduli akan kebersihan di sekolah maupaun diluar sekolah," katanya.
 
Lebih jauh disampaikan Mislidar, orang tua murid hendaknya selalu bekerja sama dengan sekolah untuk selalu menjaga dan menciptakan sekolah yang bersih dan sehat. Dengan harapan mampu mewujudkan sekolah yang lebih baik lagi dan menjadikan anak didiknya untuk lebih cerdas dan mencitai kesehatan.
 
"Besar harapan kami untuk menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri," pungkasnya. (ade)
 

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER