• Follow Us On : 

Tanamkan Tertib Lalu Lintas, Ditlantas Polsek Bukit Raya Sosialisasi di SMPN 34 Pekanbaru

Tanamkan Tertib Lalu Lintas, Ditlantas Polsek Bukit Raya Sosialisasi di SMPN 34 Pekanbaru
Senin, 25 Februari 2019 - 12:12:40 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - SMPN 34 Pekanbaru bersama petugas Ditlantas Polsek Bukit Raya melaksanakan upacara bendera dalam rangka sosialisasi program Tertib Berlalu Lintas bagi pelajar. Kegiatan tersebut untuk menanamkan tradisi dan budaya tertib berlalu lintas di jalan raya kepada siswa-siswi SMPN 34 Pekanbaru, Senin (25/02/2019).
 
Program sosialisasi Tertib Berlalu Lintas oleh petugas Ditlantas yang dipimpin oleh Kanitditlantas Fadli menyampaikan, dalam sosialisasi tersebut siswa SMP tidak boleh menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, karena siswa SMP belum berumur 17 tahun dan belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).
 
Menurut Fadli, tertib itu bukan hanya berlalu lintas saja tapi bisa ditanamkan tertib berlalu lintas itu dalam diri sendiri, seperti di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekitar. Maka dalam materinya disampaikan menyangkut tentang sopan santun di jalan raya, tertib berlalu lintas dan tentang berkendaraan yang berkeselamatan.
 
"Dari lingkungan sekolah inilah tertib akan berjalan sendiri juga tertib di jalan raya. Contohnya dapat datang ke sekolah tepat waktu, merapikan buku-buku, dan menaati aturan yang berlaku di sekolah. Dari sosialisasi kita tadi, terlihat siswa sangat antusias mendengarkannya," ujar Fadli. 
 
Fadli juga mengapresiasi siswa SMPN 34 Pekanbaru sebagai pelaksana upacara yang sangat baik, tertib dan disiplin. Ini dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan siswa-siswi SMPN 34 tadi, 
 
"Saya merasa sangat bangga dan terharu atas warga SMPN 34 Pekanbaru, yang begitu sangat luar biasa dan antusias mengikuti upacara serta sosialisasi ini. Tampak dari banyaknya siswa memberikan pertanyaan dan masukan terhadap tertib lalu lintas terutama kendaraan bermotor. Ini dapat kita simpulkan jika mereka masih banyak yang belum paham pentingnya disiplin berlalu lintas," ungkapnya.  
 
Sementara Plt Kepala SMPN 34 Pekanbaru, Dra Hj Rima Pepitra MM mengatakan, kedisiplinan dan tertib berkendaraan wajib dicanangkan sejak dini. "Sehingga kedepannya siswa-siswi kita ini bisa mengingatkan orangtuanya maupun orang sekitar dan nanti bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas," tutur Rima.
 
Rima menambahkan, program ini sangatlah bermanfaat bagi SMPN 34 Pekanbaru. Dengan kedatangan polisi lalu lintas yang menerangkan bahwa siswa belum dibenarkan membawa sepeda motor ke sekolah.
 
"Pihak sekolah sangat berterima kasih sekali dengan kedatangan pihak kepolisian dari Ditlantas Polsek Bukit Raya, yang mau mensosialisasikan pentingnya keselamatan berlalu lintas," ujarnya. 
 
Disampaikan Rima, dalam sosialisasi tersebut diharapkan pelajar bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. "Sedangkan dari pihak Lantas datang menerangkan pentingnya tertib berlalu lintas dan bahayanya siswa di bawah umur yang mengendarai sepeda motor, ini sangat membantu sekolah untuk informasi," kata Rima.
 
Setelah upacara selesai kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir dari prestasi Pramuka Kamabigus Skill Scout Challenges dan piala kegiatan Pasus tingkat Kota Pekanbaru sebagai kostum terbaik kepada kepala sekolah.
 
"Alhamdulillah, anak didik kita kembali mengukir prestasi dan mengharumkan nama sekolah. Kita patut berbangga atas raihan prestasi tersebut, semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan dapat memotivasi siswa lainnya untuk terus berprestasi," pungkasnya. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER