• Follow Us On : 

Evaluasi Pembelajaran Berbasis IT, SMPN 1 Pekanbaru Gelar TO Agama Secara Online

Evaluasi Pembelajaran Berbasis IT, SMPN 1 Pekanbaru Gelar TO Agama Secara Online
Jumat, 22 Februari 2019 - 22:14:42 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Guna evaluasi pembelajaran berbasis IT, SMPN 1 Pekanbaru menggelar Try Out (TO) mata pelajaran (Mapel) Agama secara online. Tujuannya untuk melatih siswa mengenai pembelajaran yang berbasis teknologi informasi.
 
Menurut Kepala SMPN 1 Pekanbaru, Hj Ade Armi MPd, melihat kecenderungan siswa sekarang lebih mengenal mengenai internet, maka guru dalam penyampaian pembelajaran juga harus menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekarang.
 
"Materi yang diberikan diantaranya pemanfaatan Google Drive salah satu fasilitas google yang gratis di internet yang digunakan untuk fasilitas guru melakukan ulangan atau tes secara online, nantinya guru lebih efektif untuk penilaian dan analisa nilai," ujar Ade.
 
Ade menjelaskan, saat ini sudah era digital, semua serba teknologi. Untuk itu, pihak sekolah khususnya guru mapel Agama SMPN 1 menyelenggarakan TO berbasis android dan ini pertama kali dilaksanakan di Kota Pekanbaru.
 
"Pihak sekolah memang sengaja menggelar try out berbasis android, hal ini mensiasati semangat para siswa yang ingin menggunakan komputer saat ujian, seperti UNBK," ungkapnya.
 
Lebih jauh disampaikannya, dengan pelaksanaan TO online ini, pihak sekolah ingin lebih jauh memperkenalkan siswa dengan teknologi. Selain itu, juga untuk mendukung Visi Kota Pekanbaru, yakni menuju Smart City Madani.
 
"Terlihat siswa-siswi sangat senang dengan adanya TO berbasis online ini. Selain mudah mengerjakan soal, mereka (siswa, red) langsung dapat mengetahui berapa nilai yang didapatkan dari hasil mengerjakan soal soal TO melalui HP berbasis android," jelas Ade.
 
Ade menambahkan, inovasi pembelajaran berbasis IT ini merupakan ide guru pendidikan Agama SMPN 1 Pekanbaru yaitu Abdullah Sani MPdI. Sementara, pelaksanaan TO agama berbasis online tersebut dilaksanakan setelah pelaksanaan TO empat mapel dari MKKS SMP, yaitu pada hari, Jumat (22/02/2019).
 
"TO mapel Agama berbasis online ini salah satu mapel USBN. Sebanyak 291 peserta kelas IX mengikuti TO tersebut," pungkasnya. 
 
Selain itu, lanjut Ade, kegiatan ini mendapat respon positif dari Kasi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Dra Kemalasia Rionita MPd saat meninjau dan memberikan motivasi di SMPN 1 Pekanbaru. 
 
Menurut Mala, sapaan akrab Kemalasia, kegiatan tersebut merupakan inovasi tiada henti dari sekolah. Terlebih lagi, kegiatan itu sangat mendukung program Kota Pekanbaru menuju Smart City Madani.
 
"Saat kita meninjau pelaksanaan TO di SMPN 1 tadi, terlihat anak-anak asik membaca dan menjawab soal agama yang dibuat oleh gurunya secara online melalui google drive. Kita berharap, kedepan TO berbasis online ini bakal kami usulkan ke Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) se Kota Pekanbaru untuk dapat pula dilaksanakan," tutur Mala. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER