• Follow Us On : 

Meningkatkan Profesionalisme Guru, Pengawas Pembina Lakukan Supervisi Manajerial di SMAN 7 Pekanbaru

Meningkatkan Profesionalisme Guru, Pengawas Pembina Lakukan Supervisi Manajerial di SMAN 7 Pekanbaru
Sabtu, 16 Februari 2019 - 13:15:24 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya profesionalisme guru uang masih perlu ditingkatkan. Salah satunya melalui Supervisi Manajerial dan Akademik.
 
Kepala SMAN 7 Pekanbaru, Hj Nurhafni MPd mengatakan, supervisi adalah kegiatan profesional yang dilakukan oleh pengawas sekolah dalam rangka membantu kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan lainnya. Guna meningkatkan mutu dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. Dimana, supervisi ditujukan pada dua aspek yakni manajerial dan akademik.
 
Menurutnya, guru telah diakui sebagai jabatan personalisme namun pada kenyataannya masih banyak guru yang belum memenuhi kualifikasi profesi dimaksud. Oleh sebab itu profesionalisme guru masih perlu ditingkatkan secara terus menerus dengan berbagai cara yang profisional dan proporsional. 
 
"Salah satunya melalui Supervisi Akademik. Supervisi manajerial adalah pemantaun dan pembinaan terhadap pengelolaan administrasi sekolah (dilakukan oleh Pengawas terhadap Kepala Sekolah). Hadir pada kegiatan hari ini adalah Pengawas Pembina SMAN 7 Pekanbaru Drs H Zulkarnain MPd," kata Nurhafni. 
 
Nurhafni menjelaskan, supervisi ini untuk memantau standar isi, standar proses, standar tenaga pendidik, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian. Dimana, hakikat dari supervisi tersebut adalah, agar sekolah terakreditasi dengan baik dan dapat memenuhi Standar Pendidikan Nasional.
 
"Pada dasarnya, pelaksanaan supervisi ini dapat meningkatkan profesionalisme guru. Supervisi Akademik juga bertujuan memberikan pembinaan kepada guru agar dapat melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien. 
 
Sementara, lanjut Nurhafni, implementasi kemampuan profesionalisme guru mensyaratkan agar guru mampu meningkatkan peran yang dimiliki, baik secara informator, organisator, motivator, director, inisiator, fasilitator, mediator, dan evaluator. Sehingga diharapkan mampu mengembangkan kopetensinya. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER