• Follow Us On : 

Jaring Atlit Berprestasi Bidang Kedirgantaraan, SMAN Olahraga Riau Buka Cabor Aeromodelling

Jaring Atlit Berprestasi Bidang Kedirgantaraan, SMAN Olahraga Riau Buka Cabor Aeromodelling Kepala SMANOR Riau, Sahid Suwarno (ade)
Jumat, 15 Februari 2019 - 12:38:24 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - SMAN Olah Raga (SMANOR) Riau pada Penerimaan Peserta Didik Baru TA 2019/2020, akan membuka cabang olahraga (cabor) baru yakni Aeromodelling. Sebelumnya, cabor yang dibina di SMA Olahraga adalah atletik, bola voli, futsal, renang, tenis meja dan sepakbola. 
 
Menurut Kepala SMAN Olahraga Riau, yang juga pelatih sekaligus manager dari Aeromdelling Riau H Sahid Suwarno SPd, di indonesia, aeromodelling adalah salah satu cabang olahraga yang menginduk ke KONI yag dipertandingkan di PON. 
 
"Kesehariannya dibina oleh TNI Angkatan Udara RI dengan nama FASI (Federasi Aero Sport Indonesia). Sebagai scientific sport, kegiatan aeromodelling dimulai dari perancangan model pesawat, pembuatan, pengujian, sampai mempertandingkannya," ujar Sahid. 
 
Sahid mengatakan, tujuan dibuka cabor tersebut,  untuk menjaring Atlit Aeromodelling di wilayah kabupaten/kota Provinsi Riau. Seperti diketahui bersama, Olahraga Aeromodelling belum begitu familiar di masyarakat. Mudah-mudahan melalui cabor ini dapat menggali potensi masyarakat Riau, khususnya pada Olahraga Aeromodelling. 
 
"Kita akan menjaring peserta didik yakni 1 putra dan 1 putri dari tiap kabupaten/kota di Provinsi Riau. Saya yakin, Olahraga Aeromodelling ini ke depannya bisa berkembang. Kita juga yakin, bahwa kita bisa mempunyai Atlit Aeromodelling yang nantinya akan berkiprah di level Nasional maupun Internasional," ungkapnya. 
 
Lebih jauh disampaikannya, siswa pada jurusan Olahraga Aeromodelling dapat diikutsertakan pada even seperti, Kejurada, Porprov 2021, Kejurnas 2019, dan PON 2020. Ia menambahkan, pada cabor ini ada tiga besar kelompok pertandingan. Diantaranya, Kelas F1 (Free Flight): F1A, F1H, F1B dan OHLG. Dimana pada kelas ini, menggunakan kekuatan skil lari, lempar dan lompat. 
 
"Yang kedua, Kelas F2 (Control Line), F2A F2C dan F2D yaitu model diterbangkan dengan menggunakan tali dan pesawatnya menggunakan mesin. Terakhir Kelas F3 (Remote Control), Pylon Racing, Touch and Go (ketepatan mendarat), Leader Remote Control dan Drone Racing. Intinya, jika Atlit Aeromodelling sudah ada bisa saja nanti diturunkan di even-even tersebut diatas," jelas Sahid.
 
Sahid menambahkan, cabang olahraga ini merupakan andalan dari Provinsi Riau riau. "Pasalnya, dari terbentuknya olahraga tersebut di Riau, para atlit Aeromodelling sudah banyak menyumbangkan medali emas pada event - event bergengsi," pungkasnya. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER