• Follow Us On : 

Walikota Pekanbaru Minta Diskominfo dan Dispusip Siapkan Arsip Digital

Walikota Pekanbaru Minta Diskominfo dan Dispusip Siapkan Arsip Digital Walikota Pekanbaru Dr.H. Firdaus, ST.MT
Rabu, 06 Februari 2019 - 15:43:50 WIB

PEKANBARU (Bingkai Riau) - Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT meminta kepada Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan serta dinas Arsip (Dispusip) menyiapkan arsip digital atau berbasis elektronik untuk penyimpanan seluruh arsip milik Pemerintah Kota.

Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT mengatakan,  bahwa arsip digital ini, bertujuan mengurangi tumpukan arsip manual atau berbentuk fisik yang jumlahnya sudah cukup banyak dan tersebar di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Mengingat dalam bulan ini kita mau pindah ke kantor baru, maka perlu dibuat arsip digital. Nanti semua arsip penting bisa diinput ke arsip digital dsn arsip yang tidak dibutuhkan lagi maka bisa dimusnahkan. Untuk itu, Kominfo dan Dispusip harus menyiapkan arsip digital ini," terang Wako , Rabu (6/2/2019).

Khusus untuk arsip di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Wako  menginginkan semuanya diinput ke arsip digital dan arsip fisik tetap tersimpan dengan baik mengingat arsip fisik keuangan dibutuhkan sebagai pertanggungjawaban pemakaian APBD.

"Arsip keuangan, fisiknya juga harus disimpan dengan baik. Karena arsip keuangan ini kita juga perlu fisiknya, penting kalau kita diperiksa auditor," ungkapnya.

Sementara untuk arsip lainnya yang fisiknya tidak dibutuhkan lagi, Wako mempersilahkan untuk dilakukan pemusnahan dengan catatan harus memiliki berita acara pemusnahan.

"Kalau usianya (arsip) kira-kira tidak dibutuhkan lagi, musnahkan, buat berita acara pemusnahan. Kecuali arsip penting, itu fisiknya harus tetap terjaga. Nanti OPD bisa berkoordinasi dengan pak sekda untuk pemusnahan arsip ini," pungkas Wako. (zuk)


Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER