• Follow Us On : 

Tim Asesor Perpusnas RI Akreditasi Perpustakaan SMPN 3 Pekanbaru

Tim Asesor Perpusnas RI Akreditasi Perpustakaan SMPN 3 Pekanbaru Kepala SMPN 3 Pekanbaru, Asbullah bersama tim asesor Perpusnas RI (ist)
Rabu, 30 Januari 2019 - 15:13:16 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Tim Asesor Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) melakukan visitasi ke perpustakaan SMPN 3 Pekanbaru "Mutiara Pustaka Madani", belum lama ini. Hal ini ditunjukan dengan hadirnya Tim Asesor Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) dan Tim Asesor Perpustakaan Provinsi di SMPN 3 Pekanbaru. 
 
Menurut Kepala SMPN 3 Pekanbaru, Asbullah MPd, visitasi ini dilakukan di Ruang Perpustakaan Mutiara Pustaka Madani. Disebutkannya, bahwa visitasi ini berlangsung dengan beberapa tahapan, seperti kunjungan sarana prasarana juga verifikasi data.
 
"Verifikasi data yang dilakukan ini mencakup dalam enam komponen. Diantaranya, koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan, serta penguatan kinerja termasuk pemanfaatan IT," ujar Asbullah. 
 
Asbullah menambahkan, Akreditasi merupakan pengakuan formal yang diberikan oleh badan akreditasi terhadap kompetensi suatu lembaga atau organisasi dalam melakukan kegiatan penilaian kesesuaian tertentu. 
 
"Tujuan akreditasi secara umum adalah memberikan penilaian yang objektif, transparan dan berkelanjutan terhadap pelayanan suatu program dan satuan pendidikan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan," tambahnya.
 
Lebih jauh disampaikannya, sekolah menargetkan perpustakaan "Mutiara Pustaka Madani" mendapatkan nilai akreditasi A sesuai dengan ketersediaan fasilitas yang dimiliki.
 
"Kami juga akan memberikan pengembangan dari segi koleksi e-book. Hingga kedepan kami lebih berfokus pada pengembangan e-book dan e-journal. Apa lagi saat ini perpustakaan SMPN 3 Pekanbaru telah menerapkan digital library," tutur Asbullah. 
 
Asbullah menyampaikan, manfaat yang didapat dari akreditasi bagi perpustakaan adalah meningkatkan motivasi semua unsur yang terlibat dalam pengelolaan perpustakaan untuk meningkatkan kinerjanya. (ade)
Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER