• Follow Us On : 

SMAN 7 Pekanbaru Laksanakan Test Bakat Skolastik bagi Siswa Kelas XII

SMAN 7 Pekanbaru Laksanakan Test Bakat Skolastik bagi Siswa Kelas XII Kepala SMAN 7 Pekanbaru, Nurhafni
Senin, 01 Oktober 2018 - 10:56:47 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - SMAN 7 Pekanbaru mengadakan Test Bakat Skolastik (TBS) pada hari Selasa tanggal 02-03 Oktober 2018  kepada seluruh siswa kelas XII. TBS adalah sebuah tes  yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang kemampuan.
 
Menurut Kepala SMAN 7 Pekanbaru, Hj Nurhafni MPd, tes ini dapat mencerminkan tingkat kecerdasan intelektual (IQ) seseorang dan dapat dijadikan salah satu standar ujian masuk perguruan tinggi maupun tes penyaringan untuk keperluan lainnya.
 
"TBS merupakan tes untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi baru. TBS terdiri dari tiga subtes, yaitu  verbal, kuantitatif, dan penalaran," ujar Nurhafni. 
 
Nurhafni menyampaikan, jika Puspendik sebagai salah satu unit kerja penting di Kemendikbud, telah mengembangkan TBS sejak tahun 1990. Oleh karenanya, Puspendik bertanggung jawab untuk mensosialisasikan dan memberikan layanan TBS kepada siswa di seluruh pelosok Indonesia. 
 
"TBS bertujuan memberikan informasi tentang potensi akademis siswa kepada sekolah, orang tua dan siswa.
Keunggulan TBS ada pada prosedur pengembangan butir soalnya yang valid dan terkalibrasi. Melalui butir soal yang valid dan terkalibrasi, maka hasil tes dari paket dan tahun yang berbeda akan dapat diperbandingkan," ungkapnya. 
 
Lebih jauh dijelaskannya, TBS mempunyai korelasi yang tinggi dengan prestasi belajar seseorang. Siswa dengan nilai TBS tinggi mempunyai prestasi belajar yang baik. Penggunaan tes prestasi dan TBS secara bersamaan akan memberikan gambaran kemampuan siswa yang lebih lengkap.
 
Nurhafni menambahkan, tes tersebut
dilaksanakan bagi kelas XII SMA di seluruh Indonesia. "Sekolah dapat memilih hari tes antara tanggal 2-3 Oktober 2018. UBK TBS dilaksanakan maksimal tiga sesi setiap harinya," tambah Nurhafni. 
 
Adapun pengaturan sesi adalah sebagai berikut:
  • Sesi 1, pukul 08.00-09.30 waktu setempat
  • Sesi 2, pukul 10.30-12.00 waktu setempat
  • Sesi 3, pukul 13.00-14.30 waktu setempat. (ade)
Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER