• Follow Us On : 

Penguatan Pendidikan Karakter, SMAN 11 Pekanbaru Mengikuti Kemah Blok

Penguatan Pendidikan Karakter, SMAN 11 Pekanbaru Mengikuti Kemah Blok
Senin, 01 Oktober 2018 - 09:13:51 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Salah satu wujud implementasi mensukseskan kurikulum 2013, 324 siswa kelas X SMAN 11 Pekanbaru, mengikuti kegiatan Kemah Blok Kepramukaan yang diselenggarakan di Alam Mayang, Sabtu (29/09/2018). Tujuannya, mencari minat, bakat serta menciptakan generasi emas yang berkarakter.
 
Kepala SMAN 11 Pekanbaru, Suprapto MPd yang bertindak sebagai pembina upacara dalam membuka dan menutup kegiatan tersebut mengatakan, pihak sekolah selalu mengajak agar para siswa sebagai anggota Pramuka mampu mengamalkan nilai-nilai kepramukaan dalam aktivitas sehari-hari, baik di sekolah maupun di masyarakat. Kegiatan itu juga dihadiri oleh Kwaran Kecamatan Tenayan Raya dan didampingi oleh pembina dari kuaran Tenayan Raya, Meteizal dan Khairusalam.
 
"Tujuan pendidikan Pramuka adalah membentuk manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur, serta tinggi mental, moral, budi pekerti, dan kuat keyakinan beragamanya," tambahnya. Kemah blok ini merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib kepramukaan yang dilaksanakan setahun sekali dan harus diikuti oleh seluruh siswa," kata Suprapto. 
 
Menurut Suprapto, dalam kemah Blok  ini siswa diberi berbagai kegiatan kepramukaan seperti Kepemimpinan, Kesehatan, Navigasi dan PBB. Dimana, seorang Pramuka, harus menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya, kuat, dan sehat fisiknya serta berjiwa Pancasila.
 
"Oleh karena itu, Dasa darma dan tri satya harus diamalkan oleh setiap anggota Pramuka di mana saja berada. Tujuan dari kegiatan ini tidak lepas dari upaya menempa mental, budi pekerti, memperkuat Iman danTaqwa kepada Tuhan, melatih fisik agar kuat sehat serta memupuk rasa kebersamaan dan kekeluargaan. Sehingga nantinya mampu untuk berprestasi," ungkapnya.
 
Lebih jauh dijelaskanya, pendidikan kepramukaan dinilai sangat penting. Melalui pendidikan kepramukaan akan timbul rasa memiliki, saling menolong, mencintai Tanah Air dan mencintai alam. 
 
"Karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewajibkan setiap sekolah melaksanakan ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan. Kegiatan ini berlangsung lancar dan tertib," jelas Suprapto. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER