• Follow Us On : 

120 Hotspot Kepung Sumatera, Riau Terbanyak

120 Hotspot Kepung Sumatera, Riau Terbanyak ilustrasi
Ahad, 12 Agustus 2018 - 23:29:24 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Sebanyak 120 titik panas (hotspot) terpantau di Sumatera, Ahad (12/8/2018). Berdasarkan pantauan satelit modis Terra dan Aqua, hotspot tersebar di 8 wilayah.
 
Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru Sukisno mengatakan Riau menjadi penyumbang hotspot terbanyak di Sumatera. "Untuk hari ini memang hotspot naik drastis baik di Sumatera maupun di Riau," ujar Sukisno. 
 
Ia mengatakan 120 hotspot terpantau di Sumatera Utara 15 titik, Sumatera Barat 11 titik, Jambi 4 titik, Bangka Belitung 16 titik, Bengkulu 2 titik, Sumatera Selatan 10 titik, Lampung 7 titik dan Riau 55 titik. "Hotspot paling banyak terpantau di Riau," ujar Sukisno. 
 
Dikatakan Sukisno, 55 hotspot yang terpantau di Riau tersebar di Rokan Hilir 33 titik, Rokan Hulu 1 titik, Dumai 1 titik, Bengkalis 8 titik, Siak 6 titik, Meranti 1 titik, Pelalawan 3 titik dan Kuansing 1 titik. 
 
"Diantara titik tersebut, 32 diantaranya memiliki level konfidence di atas 70 persen yang berarti di wilayah tersebut diduga kuat ada aktivitas kebakaran lahan dan hutan," Cakapnya. 
 
Adapun titik tersebut berada di Rohil 19 titik, Bengkalis 6 titik, Siak 5 titik, Pelalawan 1 titik dan Kuansing 1 titik. "Kita tetap mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran lahan dan hutan. Apalagi saat ini wilayah Riau memang sedang musim kemarau," pungkasnya. (brc)
 
Sumber: Cakaplah.com
Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER