• Follow Us On : 

Pendaftaran Siswa Baru di SMPN 34 Pekanbaru Membludak

Pendaftaran Siswa Baru di SMPN 34 Pekanbaru Membludak Rima Pepitra
Sabtu, 07 Juli 2018 - 19:05:39 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Jumlah pendaftar di SMPN 34 Pekanbaru membludak. Pasalnya, dari 160 kuota yang disediakan, namun hari pertama pembukaan pendaftaran hingga hari terakhir pendaftaran hampir 300 formulir yang diambil.
 
Plt Kepala SMPN 34 Pekanbaru, Dra Hj Rima Pepitra mengatakan, penerimaan siswa baru di sekolah tersebut berdasarkan zona yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. Diantaranya bagi calon siswa yang berdomisili di Kecamatan Marpoyan Damai, Kecamatan Tampan dan Kecamatan Bukit Raya.
 
Menurut Rima, jika ada calon siswa dari luar zona, maka akan diberikan opsi untuk mengikuti jalur prestasi yang kuotanya hanya lima persen atau 8 siswa saja. Tentunya dengan didukung oleh berbagai macam sertifikat penunjang sebagai bukti siswa bersangkutan berprestasi. 
 
"Untuk jalur prestasi yang diterima di SMPN 34 hanya satu siswa, sementara jalur siswa kurang mampu 10 persen ada 16 siswa, jalur luar kota lima persen atau delapan siswa diterima dan lebihnya jalur zonasi 80 persen yakni 135 siswa," kata Rima.
 
Rima menambahkan, masa pendaftaran siswa baru berlangsung tiga hari, yakni dimulai, Senin (2/7) sampai dengan Rabu (4/7) tahun 2018. Dimana, pendaftaran dimulai pukul 08.00 dan ditutup tepat  pukul 12.00 siang. Disebutkannya, hari pertama PPDB itu, siswa baru yang mendaftar sangat banyak. 
 
"Pihak sekolah tidak boleh menolak siswa yang mendaftar di SMPN 34. Dengan demikian, berapapun yang mendaftar, tetap akan diterima asal tidak melebihi pasa pendaftaran. Hanya saja, tidak seluruh siswa diterima, mengingat ada kuota yang membatasi. Kuota sekolah kami 160 siswa yang dibagi dalam lima rombel. Jadi siswa baru yang diterima sebanyak itu," ungkapnya.
 
Lebih jauh dijelaskan Rima, untuk sistim kelulusan calon siswa akan menggunakan perangkingan dan mengutamakan anak terdekat dari sekolah. Kemudian baru bergerak ke beberapa titik yang masih menjadi zona SMPN 34 Pekanbaru.
 
"Walaupun sudah melebihi kuota, SMPN 34 Pekanbaru tetap membuka pendaftaran sampai 4 Juli sebagaimana yang ditetapkan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. Bagi pendaftar yang tak diterima karena kuota yang tak mencukupi, dianjurkan untuk mendaftar di sekolah swasta. Formulir yang telah diambil harus dikembalikan sebelum batas akhir pendaftaran pada 4 Juli pukul 12.00 WIB. Lewat dari jam dan tanggal ditetapkan maka dinyatakan gugur. Pengumuman kelulusan disampaikan pada Kamis (5/7) di SMPN 34 Pekanbaru," jelas Rima. (ade)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER