• Follow Us On : 

Kopertis X Gelar Raker di Batam, Lima PTS Teken MoU dengan UIR

Kopertis X Gelar Raker di Batam, Lima PTS Teken MoU dengan UIR
Selasa, 08 Mei 2018 - 20:05:51 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Kopertis Wilayah X yang membawahi Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri, menggelar Rapat Kerja dengan Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Batam. Di sela acara yang berlangsung dari Selasa-Rabu (7-9/5), lima PTS minta bekerjasama dengan Universitas Islam Riau. 
 
Nota Kesepahapaham (Memorandum of Understanding) masing-masing PTS ditanda-tangan Pimpinan PTS dengan Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L., Selasa sore (8/5), dan disaksikan Koordinator Kopertis Wilayah X Prof. Herri, serta peserta raker.
 
Raker dengan tema, ''Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi dan Daya Saing Bangsa untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0'' itu membahas sejumlah materi. Antara lain Kebijakan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0, Kebijakan Penyesuaian Kurikulum Menghadapi Revolusi Industri 4.0, Penataan Sistem dan Kelembagaan Pendidikan Tinggi. Selain itu dibahas pula Program Pendidikan Tinggi untuk Pembinaan UMKM Berpendidikan Rendah dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0, Peningkatan Kualitas Tata Kelola Perguruan Tinggi Menuju Pendidikan Bermutu, serta Rencana Strategis Kopertis Wilayah X Tahun 2018. 
 
Wakil Rektor I UIR Dr. H. Syafhendry yang bersama Rektor Syafrinaldi menghadiri Raker itu menyebutkan, dari raker ini diharapkan dapat meningkatnya pemahaman badan penyelenggara dan pimpinan perguruan tinggi dalam mengembangkan sumberdaya manusia. Selain tujuan tersebut, rapat kerja hendaknya dapat pula melahirkan berbagai kebijakan strategis Kopertis X yang nanti akan ditindak-lanjuti oleh perguruan tinggi swasta dalam wilayah binaan kopertis.
 
''Raker ini sangat strategis dalam usaha kita beradaptasi dengan perubahan global terutama menyangkut perubahan kurikulum terkait dengan Revolusi Industri 4.0,'' kata Syafhendry. 
 
Terpisah, Rektor UIR Syafrinaldi menyambut baik keinginan empat PTS bekerjasama dengan Universitas Islam Riau. Keempat PTS itu adalah Universitas Batang Hari Jambi, Universitas Muhammad Yamin Solok, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Indragiri, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Riau dan Universitas Dharma Andalas Padang.
 
Nota Kesepahaman di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat itu diteken keempat PTS, yaitu Fahruddin Razi, S.H., M.H (Rektor Univ. Batang Hari), Prof. Dr. H. Elfi Sahlan Ben, Apt (Rektor Univ. Muhammad Yamin), Indra Safri, S.Sos., M.Si (Ketua STIA Indragiri) Dr. Indrayani, S.E., M.M (Ketua STIH Riau) dan Dr. Rahmi Fahmy, S.E, MBA (Rektor Univ. Dharma Andalas Padang) dengan Rektor UIR Prof. Dr. Syafrinaldi, S.H., M.C.L yang didampingi Wakil Rektor Bidang Akademis Dr. H. Syafhendry, M.Si.
 
Syafrinaldi mengapresiasi keinginan pimpinan PTS ber-MoU dengan UIR. Menurut Rektor, kerjasama ini merupakan wujud dari kebersamaan UIR dengan keempat PTS dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi.
 
''Tindak lanjut dari nota kesapahaman ini akan dilaksanakan oleh tim teknik dari masing-masing perguruan tinggi,'' ujar Rektor seperti disampaikannya kepada Kabag Humas UIR, H. Syafriadi. (rls/ade)
Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER