• Follow Us On : 

Penguatan Pendidikan Karakter, SMAN 11 Pekanbaru Gelar Kemah Blok

Penguatan Pendidikan Karakter, SMAN 11 Pekanbaru Gelar Kemah Blok
Senin, 30 April 2018 - 20:31:34 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Sebanyak 282 siswa SMAN 11 Pekanbaru mengikuti kegiatan Kemah Blok Kepramukaan yang diselenggarakan di Bumi Perkembahan SMP Nurul Falah, Kulim, Pekanbaru. Kegiatan ini merupakan wujud implementasi sekolah untuk mensukseskan kurikulum 2013 (K-13).
 
Menurut Kepala SMAN 11 Pekanbaru, Suprapto SPd, tujuan kegiatan ini untuk membentuk karakter siswa sebagai generasi penerus bangsa yang mandiri dan bertanggung jawab melalui kegiatan perkemahan ekstrakurikuler Pramuka dengan sistem Blok. Kegiatan kemah berlangsung dua hari, yakni Sabtu (28/04/2018) dan Minggu (29/04/2018). Pada kegiatan itu, banyak pelajaran yang diberikan bagi setiap peserta, seperti pembinaan kepribadian dan pembentukan karakter.
 
"Dengan adanya kegiatan kemah ini, mampu mengajarkan kepada siswa untuk dapat menumbuhkembangkan rasa kebersamaan dan saling tolong menolong di kalangan murid. Sehingga mereka diharapkan memiliki tingkat kepribadian yang baik dengan rasa kepedulian sosial tinggi," ujar Suprapto.
 
Suprapto menambahkan, sebagai ekstrakurikuler wajib, kepramukaan harus diikuti oleh seluruh peserta didik dalam sekolah tersebut. Sedangkan Model Blok adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan setahun sekali. 
 
"Kegiatan ini juga dilaksanakan agar dapat meningkatkan kedisiplinan peserta dan menjadikan individu yang mandiri. Sehingga memiliki rasa tanggung jawab serta loyalitas terhadap SMAN 11 Pekanbaru dan mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi terhadap Negara," tambahnya.
 
Lebih jauh disampaikannya, Kemah Blok Kepramukaan ini tidak lepas dari upaya menempa mental, budi pekerti, memperkuat iman dan takwa kepada Tuhan, melatih fisik agar kuat sehat serta memupuk rasa kebersamaan, kekeluargaan sehingga nantinya mampu untuk berprestasi.
 
Suprapto berharap, melalui pendidikan kepramukaan akan timbul rasa memiliki, saling menolong, mencintai tanah air dan mencintai alam. Selain itu, dengan kegiatan Pramuka Blok, diharapkan siswa mampu untuk mengaplikasikan ilmu kepramukaan yang di pelajari di sekolah dan menanamkan nilai karakter pada peserta didik. 
 
"Saya berharap, selepas dari kegiatan ini setiap peserta dapat mengimplementasikan nilai-nilai pancasila, tri satya dan dasa dharma pramuka dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kedepannya, bisa melahirkan generasi muda yang unggul, berkarakter dan menjadi kader pembangunan yang berjiwa pancasila," harapnya. (ade)
Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER