• Follow Us On : 

Membentuk Pribadi yang Qur'ani, SDN 94 Pekanbaru Khatam Quran

Membentuk Pribadi yang Qur'ani, SDN 94 Pekanbaru Khatam Quran
Sabtu, 28 April 2018 - 22:52:36 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Puncak dari program sekolah mengaji, SDN 94 Pekanbaru menggelar khatam Alquran, Sabtu (28/04/2018). Kegiatan tersebut, diselenggarakan di halaman sekolah dan diikuti oleh murid kelas VI.
 
Kepala SDN 94 Pekanbaru, Hj Robiah Jasni SPd menjelaskan, kegiatan khatam quran merupakan rangkaian dari program sekolah mengaji yang dilaksanakan setiap hari di SDN 94 Pekanbaru, yang tujuannya untuk membentuk generasi Qur’ani. Kegiatan khatam juga dihadiri oleh Ketua Komite SDN 94, Syamsurizal, Al-Ustazd Syamsudin Nasution, wali murid kelas VI dan beberapa tamu undangan lainnya.
 
"Sekolah mengaji hingga pelaksanaan khatam Al-Quran ini, merupakan program Walikota Pekanbaru dengan mewujudkan Pekanbaru sebagai Kota Madani. Sedangkan ini merupakan khatam ke-2 sekolah selenggarakan, sejak saya ditugaskan disini. Tahun ini, untuk jumlah peserta khatam yakni 103 siswa kelas VI," kata Robiah.
 
Menurut Robiah, melalui kegiatan ini, meminta kepada siswanya agar dapat mencintai dan mau terus mempelajari Al-Qur’an hingga jenjang sekolah selanjutnya. Pendidikan anak merupakan cerminan masa depan negeri, kalau mereka sejak dini sudah mulai ditanamkan nilai-nilai agama yang baik, kelak akan menjadi pemimpin yang baik pula. Menjadi pribadi yang qurani, yang selalu mengedepankan ajaran Alquran dalam mengambil keputusan dan menjadikannya pedoman hidup. 
 
"Khatam bukan berarti tamat atau selesai membaca Al-Qur’an. Khataman ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan kualitas membaca kitab suci tersebut. Dilaksanakannya khatam quran ini, agar generasi kita mencintai Alqur'an. Saya mengucapkan terimakasih kepada wali murid yang sudah mendukung acara ini, dan membantu majelis guru dalam menyukseskan acara ini sampai selesai. Juga kepada seluruh majelis guru, hendaknya acara yang baik ini dapat kita tingkatkan pada tahun akan datang," tambahnya.
 
Robiah berharap, sekolah agar selalu mempertahankan acara ini setiap tahun. Sementara bagi anak-anak yang akan menamatkan sekolah tahun ini, hendaklah mengamalkan ilmunya dan teruslah membaca Alquran, sebagai pedoman hidup. 
 
"Saya sangat senang dan bangga atas terselenggaranya acara ini dan kegiatan semacam ini sepenuhnya harus didukung agar anak-anak menjadi generasi Qur’ani dan kedepan mampu mencapai apa yang dicita-citakan dijenjang selanjutnya," harapnya.
 
Sementara Ketua Komite SDN 94 Pekanbaru, Syamsurizal pada sambutannya menyampaikan, rasa bangga dan ikut berbahagia menyaksikan anak-anak yang mengkhatam Al-Qur’an. Menurutnya, khatam Al-Quran ini adalah yang kedua kalinya dan ini merupakan kegiatan rutin sekolah. 
 
"Melalui kegiatan khatam ini diharapkan para peserta khatam yang terdiri dari siswa kelas VI dapat menjadi generasi yang Qurani. Kegiatan ini untuk membangun dan membentuk jiwa generasi yang Qur’ani mulai sejak dini, sehingga generasi kedepan bisa menjadi karakter anak bangsa yang beriman dan bertaqwa," pungkasnya. (zuk)
Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER