• Follow Us On : 

Nomor Register RTRW Riau akan Keluar dalam Pekan Ini

Nomor Register RTRW Riau akan Keluar dalam Pekan Ini Ilustrasi
Senin, 23 April 2018 - 17:49:52 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Mimpi masyarakat Riau memiliki Rencana Tata Ruang Wilayah segera terwujud. Diperkirakan akhir April ini tata ruang Riau sudah selesai.
 
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Riau, Rahmad Rahim, Senin (23/4/2018) mengatakan, RTRW Riau saat ini dalam proses register di Kemendagri. 
 
Menurutnya menuntaskan RTRW merupakan pekerjaan panjang yang melelahkan karena sekian banyak tahun yang tersita untuk urusan RTRW, namun baru belakangan titik terangnya sudah tampak.
 
"RTRW pekerjaan yang telah menyita waktu puluhan tahun, tapi Alhamdulillah dalam tiga tahun terakhir dimaksimalkan dan diprediksi akan berhasil dituntaskan tahun ini," ungkapnya.
 
Titik terang dimaksud Rahmad Rahim, Pemprov Riau bersama pihak terkait lainnya di Riau akan terbang ke Jakarta untuk menindaklanjuti masalah RTRW. 
 
"Hari ini (Senin) kita akan mengadakan kegiatan di Ditjen Bangda, Jakarta. Di sana kita bersama  jajaran terkait di tingkat pusat akan menjalani proses finalisasi RTRW Riau. Bersama Ditjen Bangda, kita akan melakukan ekspose RTRW Riau di Ditjen Direktorat Jenderal Otonomi Daerah(Otda)," bebernya. 
 
Lebih lanjut disampaikan Rahmad Rahim, bersama Ditjen Otda Kementerian Dalam Negeri itu, Pemprov Riau bersama Ditjen Bangda akan ekspose kembali sejauh mana Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) sudah diinternalisasikan ke dalam RTRW Riau. 
 
"Nah setelah ekspose ini, Insya Allah dalam minggu ini nomor register RTRW Riau akan keluar. Diusahakan hari Selasa (nomor register itu) besok, akan kita terima dari Kemendagri," harapnya penuh optimis. 
 
Menurut Rahmad Rahim, intinya kalau ekspos yang dilakukan Pemprov Riau bersama Ditjen Bangda diterima Ditjen Otda, maka akan keluarlah nomor register RTRW Riau. Pertemuan dengan Ditjen Otda direncanakan, Selasa (24/8/2014) besok pukul 09.00 WIB.
 
Nomor register yang dikeluarkan Ditjen Otda, Kemendagri akan dibawa ke provinsi. Setelah itu pemprov akan berkoordinasi dan merumuskan kembali soal RTRW dengan DPRD Riau, terutama soal KLHS yang sudah diinternaslisasikan ke RTRW.
 
Dengan dasar itu, tambah mantan Kepala Dinas Perhubungan Riau ini, kalau DPRD Riau menyatakan persetujuannya, maka akan keluarlah nomor Perda RTRW Riau. 
 
"Ekspose di Ditjen Otda dilakukan karena yang berhak mengeluarkan nomor register RTRW adalah Ditjen Otda, Kemendagri. Ekspose yang akan kita lakukan di sana dimaksudkan Ditjen Otda hanya ingin memastikan apakah proses yang digariskan telah dijalankan. Jadi seluruh proses KLHS itu sudah ada di RTRW kita," cakapnya. 
 
Merunut ke belakang, Rahmad menjelaskan soal RTRW Riau itu sejak dua bulan terakhir Pemprov Riau sudah melaksanakan proses penyelesaian bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. 
 
"Amanat-amanat dari KLHK, terutama soal KLHS pun sudah diakomodir. Karena sebelumnya kita sudah melaksanakan rapat-rapat yang intensif bersama jajaran KLHK," tukasnya. (brc)
 
Sumber: Cakaplah.com
Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER