• Follow Us On : 

Peringati HPSN, SMAN 7 Pekanbaru Ajak Siswa Peduli Lingkungan Sekitar

Peringati HPSN, SMAN 7 Pekanbaru Ajak Siswa Peduli Lingkungan Sekitar Kepala SMAN 7 Pekanbaru, Nurhafni saat memberikan arahan pada peringatan HPSN (ist)
Rabu, 21 Februari 2018 - 19:30:35 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), SMAN 7 Pekanbaru melaksanakan berbagai kegiatan peduli lingkungan sekitar, Rabu (21/02/2018). Dimana kegiatan tersebut demi terus menciptakan tempat belajar yang bersih dan mengedukasi siswa/i.
 
Kepala SMAN 7 Pekanbaru, Hj Nurhafni MPd menjelaskan, kegiatan tersebut diawali dengan kerja bhakti membersihkan sampah disekitar lingkungan sekolah yang melibatkan guru, TU dan para siswa. Dimana, untuk kegiatannya ada Deklarasi Gerakan "Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah!" dan ini merupakan awal dari rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).
 
"Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) yang dilaksanakan di seluruh Indonesia dengan tema 'Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah' pada 21 Januari 2018 sampai 21 April 2018. Sementara puncak peringatan HPSN 2018 dilaksanakan 21 Februari 2018, sesuai Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah juga diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang peduli lingkungan," jelas Nurhafni.
 
Nurhafni menambahkan, tidak hanya tiga bulan saja, tetapi selanjutnya menjadi karakter dan akan ada lomba menulis karya/puisi  oleh siswa dengan tema 'Sayangi Bumi, Bersihkan Sampah'. Tujuan utama deklarasi itu agar siswa-siswi peduli dengan lingkungan sekitar. Sampah yang berserakan di lingkungan sekolah maupun tempat tinggal bisa mengakibatkan polusi, yakni berakibat pada bau yang menyengat.
 
"Kegiatan ini kita lakukan untuk memberi pemahaman kepada peserta didik dalam memanfaatkan sampah 3R  dan biopori. Sampah jika dikelola dengan baik bisa mendatangkan manfaat yang besar yakni dengan melakukan pemilahan sampah organik dan non organik. Sampah organik bisa dugunakan untuk pupuk sedangkan yang non organik bisa didaur ulang," tambahnya. 
 
SMAN 7 lanjut Nurhafni, memiliki tempat cukup stategis dalam menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan tenang. Hal tersebut dikarenakan masih banyaknnya pepohonan yang rindang sehingga menambah suasana sekolah yang sejuk. 
 
"Saya berharap SMAN 7 Pekanbaru, kedepannya dapat memberikan contoh kepada sekolah lain langkahnya dalam menciptakan suasana belajar yang bersih, indah, nyaman, hijau dan sehat bagi siswa. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada penanggung jawab dari kegiatan ini, yakni Buk Kasih dan Buk Eny Askar yang juga merupakan Waka kesiswaan dan Humas serta guru dan TU," pungkasnya.
 
Penulis: Ade
Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER