• Follow Us On : 

Semburan Abu Sinabung Sampai ke Aceh

Semburan Abu Sinabung Sampai ke Aceh Gunung Sinabung erupsi menyemburkan material vulkanik pada Senin, 19 Februari 2018. (ANTARA FOTO)
Senin, 19 Februari 2018 - 17:32:34 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Semburan abu vulkanik dari Gunung Sinabung, Sumatera Utara, menyebar hingga ke tiga kecamatan di Aceh Tenggara.
 
"Terasa sekali udara di Aceh Tenggara dicemari abu vulkanik akibat erupsi Gunung Sinabung," ujar Kepala Bagian Logistisk dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Yanti, Senin, 19 Februari 2018.
 
Sebaran abu vulkanik itu mulai memasuki Aceh Tenggara sejak pukul 14.00 WIB atau hanya berselang empat jam setelah Gunung Sinabung erupsi.
 
Masuknya abu vulkanik di Aceh Tenggara itu cukup mengkhawatirkan. Sebab, di daerah ini tidak memiliki pasokan masker. "(Masker) Hanya bisa untuk memenuhi kebutuhan personel BPBD saja," ujarnya.
 
Sejauh ini dari data yang dihimpun, wilayah yang paling tebal paparan abunya adalah Kecamatan Babul Makmur, Babul Rahmah dan Kecamatan Lawe Sigala.
 
Sebelumnya, Kepala Pos Pemantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra, menjelaskan, luncuran awan panas dari Gunung Sinabung mengarah ke arah Tenggara-Selatan dan Timur-Tenggara. Selain itu, Sinabung juga menyemburkan abu vulkanik setinggi 5 kilometer.
 
"Sinabung erupsi pada pukul 08.54 WIB dengan tinggi kolom abu mencapai 5.000 meter. Warga diimbau untuk menjauhi zona merah," ujarnya. 
 
Sumber: VIVA.co.id

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER