• Follow Us On : 

Ada Komputer Bisa Baca Pikiran Manusia, Waspadalah

Ada Komputer Bisa Baca Pikiran Manusia, Waspadalah Ilustrasi membaca program komputer
Jumat, 02 Februari 2018 - 20:39:09 WIB
Bingkai Riau – Teknologi pembelajaran mesin menggali jauh ke dalam otak untuk mengidentifikasi materi pelajaran yang didengarkan. Teknologi pembaca pikiran, saat ini, mungkin sudah mendekati kenyataan ketimbang apa yang manusia pikirkan.
 
Menurut laman IBTimes, Jumat 2 Februari 2018, tim yang terdiri beberapa ilmuwan internasional dari Institut Penelitian dan Pendidikan D'Or, Rio de Janeiro, Brasil, telah menggunakan mesin Magnetic Resonance (MR) untuk membaca pikiran manusia.
 
Mesin ini berbasis pada kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Peneliti lalu mengumpulkan enam peserta untuk mendengarkan 40 jenis musik yang berbeda, mulai dari klasik hingga rock.
 
Penelitian ini juga dipantau oleh mesin MR yang terhubung dengan komputer. Menurut salah satu peneliti, Sebastian Hoefle, komputer ini dilengkapi dengan perangkat lunak (software) khusus yang bisa mengidentifikasi 'sidik jari saraf' dari setiap lagu atau pola otak spesifik yang terkait dengannya.
 
"Hal ini dilakukan dengan mencari fitur musik seperti ritme, tonalitas, dinamika dan timbre," ungkap Hoefle. Usai dilakukan tes, maka komputer diberi pilihan dua lagu dan diminta untuk mengidentifikasi yang telah didengar oleh peserta.
 
Lebih Akurat
 
Hasilnya 85 persen akurat dan secara signifikan lebih akurat daripada penelitian sebelumnya. Hoefle dan tim peneliti kemudian membuat tugas yang lebih sulit dengan memberikannya 10 lagu pilihan, di mana hanya ada satu jawaban yang benar.
 
"Komputer, lagi-lagi, berhasil mengidentifikasi lagu yang dimaksud dengan tingkat keakuratan mencapai 74 persen. Temuan ini dideskripsikan dalam makalah yang sudah dimuat dalam Jurnal Scientific Reports," paparnya.
 
Teknik 'penguraian otak' ini bisa membuka jalan bagi penelitian selanjutnya untuk merekonstruksi pemikiran, pendengaran dan ucapan batin.
 
Hal ini mungkin terbukti sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan sindrom 'terkunci,' karena dapat menyebabkan perkembangan antarmuka otak-komputer lanjutan, yang memungkinkan manusia yang memiliki sindrom tersebut bisa berkomunikasi. (brc)
 
Sumber: VIVA.co.id
 
Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
  • Awas, Serangan Ransomware di Ponsel Android Meroket
    Selasa, 18 Juli 2017 - 17:37:19

    Awas, Serangan Ransomware di Ponsel Android Meroket

    Jakarta (Bingkai Riau) - Ransomware telah menyita perhatian karena menyerang negara berkembang seperti Indonesia. Beberapa waktu lalu ransomware ini h.
  • Presiden: Pers Penting Bagi Pembangunan Negara
    Kamis, 09 Februari 2017 - 21:35:06

    Presiden: Pers Penting Bagi Pembangunan Negara

    AMBON (Bingkai Riau) - Presiden Joko Widodo mengatakan pers sangat penting bagi pembangunan negara, namun saat ini jagat media mainstream (arus utama).
  • Ngamen di Bus, Tora Sudiro Disindir soal Narkoba
    Rabu, 16 Agustus 2017 - 20:14:57

    Ngamen di Bus, Tora Sudiro Disindir soal Narkoba

    Jakarta (Bingkai Riau) - Tora Sudiro, Abimana Aryasatya, Vino G Bastian dan Indro ngamen di bus dalam rangka mempromosikan Warkop DKI Reborn: Jangkrik.
  • Apa Sih Alexis, Kata JK pada Wartawan
    Selasa, 31 Oktober 2017 - 16:41:17

    Apa Sih Alexis, Kata JK pada Wartawan

    Jakarta (Bingkai Riau) – Heboh penutupan tempat hiburan malam, Alexis, mendapat perhatian publik lantaran dengan cepat dieksekusi Gubernur DKI Jaka.
  • Erupsi Gunung Agung Bali Jadi Sorotan Dunia
    Senin, 27 November 2017 - 14:24:19

    Erupsi Gunung Agung Bali Jadi Sorotan Dunia

    Bali (Bingkai Riau) - Erupsi gunung Agung di Bali yang mengeluarkan abu vulkanik tebal mulai mendapatkan perhatian dunia. Media-media internasional mu.
  • Harga Cabai Merah di Padang Kembali Naik
    Selasa, 16 Januari 2018 - 18:44:20

    Harga Cabai Merah di Padang Kembali Naik

    PADANG (Bingkai Riau) - Harga cabai merah di Kota Padang, Sumatra Barat kembali mengalami kenaikan. Pekan kedua Januari 2018 ini, cabai merah dibander.
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER