• Follow Us On : 

Kemendikbud Dukung Riau sebagai Pusat Pelestarian dan Pengembangan Zapin

Kemendikbud Dukung Riau sebagai Pusat Pelestarian dan Pengembangan Zapin Ilustrasi
Senin, 11 Desember 2017 - 15:59:00 WIB
PEKANBARU (Bingkai Riau) - Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen melaporkan dan membahas hasil dari Festival Budaya Melayu 2017 yang digelar beberapa waktu lalu ke Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Hilmar Farid.
 
Dalam kesempatan itu, Yoserizal dan Hilmar Farid membincangkan khusus mengenai rekomendasi Konvensi Zapin. Dimana dalam rekomendasi yang disepakati tokoh tari tanah air, Malaysia dan Singapura meminta Kemendikbud secara berkesinambungan agar melaksanakan Temu Zapin Nusantara.
 
"Pak Dirjen sangat mendukung Riau menjadi Pusat Pelestarian dan Pengembangan Zapin Melayu Dunia, dimana dikoordinir oleh Zapin Centre (Pusat Zapin)," kata Yoserizal yang juga Sekretaris Eksekutif Zapin Centre, Yoserizal Zen.
 
Karena menurut Dirjen Kebudayaan, tambah Yoserizal, langkah itu dinilai tepat dan sejalan dengan visi Riau 2020 yang ingin menjadi pusat kebudayaan Melayu di Asia Tenggara. Apalagi saat ini Riau tengah menggarap pariwisata berbasis budaya.
 
"Saya dukung keinginan gubernur Riau yang serius mengurus kebudayaan Melayu," pungkas Yoserizal menirukan ucapan Dirjen Kebudayaan.
 
Seperti diketahui dalam Festival Budaya Melayu pada 29 November 2017 dilaksanakan Konvensi Zapin yang diikuti tokoh tari dari Riau, DKI Jakarta, NTB, Sumatera Utara, Jambi, Singapura dan Malaysia. 
 
Dalam Konveksi Zapin tersebut, dimana seluruh peserta konvensi menyepakati Riau sebagai pusat pelestarian dan pengembangan Zapin Melayu. (brc)
 
Sumber: Cakaplah.Com

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER