• Follow Us On : 

6 Makanan yang Patut Dihindari Penderita Diabetes

6 Makanan yang Patut Dihindari Penderita Diabetes ilustrasi
Selasa, 05 Desember 2017 - 19:14:38 WIB
Jakarta (Bingkai Riau) - Selama ini orang makan tanpa begitu memikirkan nutrisi atau efek dari apa yang dimakan. Asal kenyang, makan apapun tak masalah. Namun, hal ini tak akan berlaku bagi para penderita diabetes. Ada sejumlah makanan yang mereka patut hindari. 
 
Berhubung Hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada hari ini, Selasa (14/11), publik patut lebih menyadari akan penyakit diabetes. Mereka yang memiliki kadar gula darah melebihi batas normal harus benar-benar ketat dalam mengontrol asupan makanan. Salah asupan makanan, bisa-bisa membuat gula darah makin tak terkontrol. 
 
Data Riset Kesehatan Dasar Kemenkes memprediksi penderita penyakit diabetes di Indonesia telah melampaui 10 juta orang. Jumlah ini terus bertambah, diprediksi pada 2030 mencapai 21,3 juta jiwa. 
 
Diabetes dapat mengarah pada komplikasi seperti ginjal, jantung, serta organ-organ tubuh lain. Mengutip dari Bold Sky, berikut makanan yang perlu dihindari penderita diabetes.
 
1. Minuman dengan pemanis buatan
Minuman dengan pemanis buatan kaya akan karbohidrat dan fruktosa. Kedua zat ini berhubungan resistensi insulin dan diabetes. Studi menganjurkan penderita diabetes menghindari minuman dengan pemanis buatan. Risiko hati bengkak dapat mengintai penderita diabetes jika tidak memperhatikan hal ini. 
 
2. Makanan mengandung lemak trans
Asam lemak trans merupakan lemak yang terbentuk saat cairan minyak terbentuk menjadi lemak padat. Dilansir dari Hello Sehat, terdapat dua jenis lemak trans, yakni lemak trans alami yang dihasilkan dalam usus hewan dan makanan, serta lemak trans buatan yang berasal dari susu dan produk daging. 
 
Makanan yang mengandung lemak trans dapat meningkatkan kolesterol jahat alias LDL. Lemak trans membuat kolesterol baik atau HDL menurun. Mereka yang menderita diabetes dapat mengakibatkan peradangan, resistensi insulin dan perut gemuk. 
 
3. Roti putih, pasta, dan nasi
Ketiga jenis makanan ini mengandung karbohidrat yang tinggi. Penderita diabetes tak dianjurkan mengonsumsinya. Pasalnya, ketiganya hanya akan membuat kadar gula darah naik drastis. Oleh karenanya, biasanya mereka yang sakit diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi. 
 
4. Yoghurt rasa buah
Biasanya, yoghurt dalam kemasan tampak menyehatkan karena baik untuk pencernaan, apalagi ditambah dengan rasa buah yang segar. Namun, yoghurt seperti ini dibuat dari susu tanpa lemak atau rendah lemak dan ditambah dengan banyak sekali karbohidrat dan gula. Secangkir yoghurt dapat mengandung 47 gram gula, yang mana 81 persen kalori yang terkandung dalam yoghurt berasal dari gula. 
 
5. Sereal dengan pemanis
Sarapan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan praktis berkat kehadiran sereal. Bagi penderita diabetes, sarapan dengan sereal tidaklah dianjurkan. Sereal telah mengalami pemrosesan sehingga ia mengandung karbohidrat tinggi. Sereal juga mengandung protein yang menjaga kestabilan gula darah. Penderita diabetes yang menginginkan gula darah normal tentu tak dapat mengonsumsi sereal.
 
6. Makanan dan minuman kemasan
Meski menggiurkan, makanan dan minuman dalam kemasan perlu dihindari para penderita diabetes. Makanan dalam kemasan dibuat dengan tepung hasil pemrosesan dan hanya mengandung sedikit nutrisi. Ia juga kaya akan karbohidrat yang dapat menaikkan kadar gula darah. Seperti minuman soda, minuman dalam kemasan termasuk jus buah sekalipun punya efek tidak baik. Jus buah sudah ditambah gula dengan kandungan karbohidrat tinggi dan setara dengan minuman soda biasa.
 
Sumber: cnnindonesia.com
Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER