• Follow Us On : 

Wujudkan Jiwa Muda Berprestasi dan Berbudi

Pramuka SMAN 12 Pekanbaru Mengikuti Kemah Blok di Harau Sumbar

Pramuka SMAN 12 Pekanbaru Mengikuti Kemah Blok di Harau Sumbar Kepala SMAN 12 Pekanbaru, Ermita saat memberi arahan kepada seluruh peserta Pramuka yang akan mengikuti Kemah Blok (ade)
Kamis, 19 Oktober 2017 - 18:35:56 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - Sebanyak 315 siswa kelas X SMAN 12 Pekanbaru mengikuti kegiatan Kemah Blok Kepramukaan yang diselenggarakan di Harau, Payakumbuh Sumatera Barat. Kegiatan ini merupakan wujud implementasi sekolah untuk mensukseskan kurikulum 2013.
 
Kepala SMAN 12 Pekanbaru, Ermita SPd MM, menjelaskan, adapun tujuan dari kegiatan tersebut untuk mencari minat, bakat serta menciptakan generasi emas yang berkarakter. Kegiatan kemah berlangsung empat hari, dimulai Kamis (19/10/2017) sampai Minggu (22/10/2017).
 
"Dengan adanya kegiatan kemah ini mampu mengajarkan kepada siswa untuk dapat menumbuhkembangkan rasa kebersamaan dan saling tolong menolong di kalangan murid. Sehingga mereka diharapkan memiliki tingkat kepribadian yang baik dengan rasa kepedulian sosial tinggi," ujar Ermita.
 
Sebagai ekstrakurikuler wajib, lanjut Ermita, kepramukaan harus diikuti oleh seluruh peserta didik dalam sekolah tersebut. Sedangkan Model Blok adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan setahun sekali, yakni pada awal tahun ajaran baru. Bersifat wajib, setahun sekali, berlaku bagi seluruh peserta didik, terjadwal, dan diberikan penilaian umum. 
 
"Kita berharap, dengan terselenggaranya kemah blok ini, dapat membentuk karakter dan juga penerapan sikap mandiri terhadap peserta didik. Selain itu, juga dapat memberikan pemahaman tentang wawasan kepramukan dan bisa mengaplikasikannya kedalam kehidupan mereka nantinya," harapnya.
 
Sementara itu, WAKA Kesiswaan SMAN 12 Pekanbaru, Abdul Gafar MPd menambahkan, kegiatan Kemah Blok adalah program pemerintah, dimana setiap ada siswa baru harus melaksanakan Kemah Blok. Dimana tujuannya untuk membentuk karakter siswa kelas X sebagai generasi penerus bangsa yang mandiri dan bertanggung jawab melalui kegiatan perkemahan ekstrakurikuler Pramuka dengan sistem Blok.
 
"Meningkatkan kedisiplinan dan menjadikan individu yang mandiri sehingga memiliki rasa tanggung jawab serta loyalitas terhadap SMAN 12 Pekanbaru dan mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi terhadap Negara," tambah Gafar.
 
Menurut Gafar, Kemah Blok Kepramukaan ini tidak lepas dari upaya menempa mental, budi pekerti, memperkuat iman dan takwa kepada Tuhan, melatih fisik agar kuat sehat serta memupuk rasa kebersamaan, kekeluargaan sehingga nantinya mampu untuk berprestasi.
 
"Harapan kita, melalui pendidikan kepramukaan akan timbul rasa memiliki, saling menolong, mencintai tanah air dan mencintai alam. Semoga, kegiatan ini berjalan lancar dan tertib sampai akhir kegiatan," pungkasnya. 
 
Penulis: Ade

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER