• Follow Us On : 

Mantan Kadis Pendidikan Kampar Akhirnya Ditahan Kejari

Mantan Kadis Pendidikan Kampar Akhirnya Ditahan Kejari Nasrul keluar dari ruang pemeriksaan Kejari Kampar (cakaplah)
Senin, 02 Oktober 2017 - 16:34:39 WIB
BANGKINANG (Bingkai Riau) - Setelah menjalani pemeriksaan hampir empat jam, akhirnya Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Nasrul Zein ditahan oleh jaksa Kejaksaan Negeri Kampar, Senin (2/10/2017) sore.
 
Nasrul keluar dari ruang pemeriksaan Kejari Kampar tepat pukul 15.15 WIB didampingi oleh kuasa hukumnya Yulherman,SH telah menggunakan rompi tahanan Kejari warna ping dan di dalamnya pakai baju kemeja warna putih dan celana coklat muda. 
 
Ada belasan wartawan yang setia menunggu pemeriksaan Nasrul dan langsung mengambil foto-fotonya begitu ia keluar dari ruang pemeriksaan. Tak banyak kata-kata yang dikeluarkan Nasrul kepada wartawan. Ia tampak tegar menghadapi proses hukum kasus dugaan korupsi pengadaan meubiler di Dinas P dan K (sekarang Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kampar red) tersebut.
 
Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Kampar Ostar Al Pansri kepada wartawan mengungkapkan, sebelum ditahan, Nasrul diperiksa selama hampir empat jam sejak pukul 11.30 WIB. Nasrul menjawab seluruh pertanyaan atau 22 pertanyaan. Dalam pemeriksaan ini Nasrul kooperatif. Nasrul menjawab sesuai dengan apa yang dipertanyakan.
 
Adapun peran Nasrul selaku pengguna anggaran modusnya sama dengan tersangka lainnya.
 
Menurut rencana, berkas Nasrul akan dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi bersamaan dengan berkas kontraktor pelaksana Zulkarnaini yang terlebih dulu telah ditetapkan sebagai tersangka dan juga telah ditahan di LP Kelas IIB Bangkinang. "Rencananya mau limpahkan bareng biar tak dua kali panggil saksi," beber Ostar.
 
Dikatakan Ostar, dalam kasus ini pihaknya sudah sampai menjerat tersangka ke pengguna anggaran atau kepala dinas. Dia ingin target proses hukum selesai dengan cepat.
 
Sementara itu Kuasa Hukum Nasrul Zein, Yulherman SH ketika ditanya CAKAPLAH.COM mengatakan, pihaknya menghargai proses hukum di Kejari Kampar.
 
"Karena memang kewenangan kejaksaan, kita sebagai pengacara mengikuti aturan mereka," kata Yulherman.
 
Selanjutnya selaku kuasa hukum akan melakukan upaya-upaya hukum di  persidangan. Yuelherman juga yakin kliennya tidak bersalah. "Karena dia melaksanakan tugas PA, kita yakin tak bersalah," ulasnya.
 
Sebagaimana diketahui, Nasrul Zein telah ditetapkan sebagai tersangka pada Selasa (4/7/2017). 
 
Dia diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi pengadaan meubeler sekolah, dengan pagu anggaran sebesar Rp3.335.632.000 yang bersumber dari APBD Kampar 2015. Atas perbuatan tersangka, mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp393.886.650.
 
Selain Nasrul, kasus ini juga menyeret Arif Kurniawan sebagai Pejabat Pembuat Komitmen proyek ini. Arif sendiri telah menjalani beberapa kalisidang di Pengadilan Tipikor Pekanbaru.  Tersangka lainnya adalah Zulkarnaini selaku kontraktor pelaksana proyek bernilai Rp 3 miliar lebih itu. (brc)
 
Sumber: CakaplahCom

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER