• Follow Us On : 

Lestarikan Buah dan Tanaman Lokal

SMAN 16 Pekanbaru Manfaatkan Lahan Sekolah Dalam Program Kamis Menanam

SMAN 16 Pekanbaru Manfaatkan Lahan Sekolah Dalam Program Kamis Menanam Kepala SMAN 16 Pekanbaru, Suprapto MPd ikut serta dalam kegiatan Kamis Menanam (ade)
Kamis, 14 September 2017 - 18:48:14 WIB
Pekanbaru (Bingkai Riau) - SMAN 16 Pekanbaru memanfaatkan lahan kosong di pekarangan sekolah untuk ditanami buah dan tanaman lokal. Kegiatan ini dalam meningkatkan program 'Kamis Menanam'.
 
Kepala SMAN 16 Pekanbaru, Suprapto MPd menjelaskan, lahan tersebut dimanfaatkan juga sebagai media pembelajaran bagi siswa tentang tumbuhan alam serta mengenal tumbuhan lokal.
 
"Setiap kamis, anak didik kita bergotong rotong melakukan penanaman bibit buah, tak hanya itu juga ada tanaman herbal yang bisa dijadikan obat. Ada berbagai jenis tanaman yang ditanam dilahan terbatas tersebut," ungkap Suprapto.
 
Suprapto mengatakan, ide ini muncul setelah melihat lahan sekolah yang kosong tak ada apa-apa, kemudian sekolah berinisiatif menanam tumbuhan lokal yang bermanfaat.
 
"Tanaman yang telah kami tanam, diantaranya ada bunga, pohon buah yang merupakan buah lokal agar tetap dilestarikan dan juga ada pembuatan taman," ujarnya.
Selain itu lanjutnya, dilahan tersebut juga ditanami sayur-sayuran seperti kangkung dan bayam. Bahkan, ada pembuatan kebun sekolah serta greenhouse.
 
"Kita lakukan pengolahan ini untuk media pembelajaran dan kreatifitas ide untuk siswa. Saat ini beberapa tanaman sudah ada yang menghasilkan, meskipun belum maksimal. Dimana, olahan tersebut masih sebatas pembelajaran dan dikonsumsi sendiri oleh siswa dan guru, tak menutup kemungkinan nanti akan dikembangkan lebih lanjut," jelas Suprapto.
 
Lebih jauh dijelaskan Suprapto, ini baru tahap percobaan, mungkin ada rencana kedepan mau dipasarkan.
Upaya melestarikan buah dan tanaman bermanfaat di lahan terbatas ini juga dimasukkan dalam kurikulum pembelajaran berbasis lingkungan, sekaligus untuk siswa agar selalu peduli terhadap tumbuh-tumbuhan.
 
"Kami memberikan pembelajaran tentang tumbuhan lokal dan herbal yang bisa di olah makanan dan dijadikan obat, sekaligus siswa belajar proses menanam sampai berhasil menumbuhkan jiwa natural, berkebun dan berwirausaha," pungkasnya. 
 
Penulis: Ade

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER