• Follow Us On : 

Jaksa KPK Dianggap Tak Berwenang Eksekusi Putusan

Jaksa KPK Dianggap Tak Berwenang Eksekusi Putusan Ketua PJI Noor Rachmad (dtc)
Senin, 04 September 2017 - 20:49:56 WIB
Jakarta (Bingkai Riau) - Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) mendapat banyak pertanyaan dalam rapat bersama Pansus Hak Angket KPK. Salah satu pertanyaan yang terlontarkan terkait fungsi jaksa KPK dalam eksekusi perkara.
 
"Bagaimana sebenarnya fungsi jaksa di KPK? Apakah memiliki fungsi eksekutor? Apakah terbatas di administrasi?" tanya Wakil Ketua Pansus Hak Angket KPK Taufiqulhadi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/9/2017).
 
Menanggapi hal tersebut, Ketua PJI Noor Rachmad menyebut kewenangan eksekusi sepenuhnya berada di lembaga Kejaksaan. Jaksa KPK dianggap tak berwenang menjadi eksekutor.
 
"Kami dari PJI mengatakan kewenangan eksekusi tidak di sana (KPK)," jawab Noor yang juga menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan Agung ini.
 
Noor beralasan, fungsi jaksa diatur dalam Pasal 13 dan 270 KUHAP. Afa dua tugas utama jaksa yakni sebagai penuntut umum dan eksekusi atas putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.
 
"Kalau sebagai penuntutan, tentu merujuk pasal penuntutan di Pasal 13 KUHAP. Kalau tentang eksekusi, larinya ke 270 KUHAP sehingga antara penuntutan dan eksekusi berbeda," jelasnya.
 
Nah, ia mengklaim KPK tak bisa mengeksekusi putusan pengadilan. "Dalam UU KPK tak mengatakan diberikan kewenangan dieksekusi. Eksekusi di sana (KPK) tidak pas," tutur Noor. (brc)
 
Sumber: DetikCom
Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
  • Jenderal Gatot Ditolak, RI Bertindak
    Selasa, 24 Oktober 2017 - 17:08:58

    Jenderal Gatot Ditolak, RI Bertindak

    Jakarta (Bingkai Rau) - Harusnya Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, sudah berangkat ke AS pada Sabtu sore pekan lalu. Namun pihak maskapai Emirat.
  • Jokowi Geleng-geleng Ada Daerah yang Baru Serap Anggaran 10%
    Selasa, 24 Oktober 2017 - 17:39:25

    Jokowi Geleng-geleng Ada Daerah yang Baru Serap Anggaran 10%

    Jakarta (Bingkai Riau) - Sisa dua bulan tahun anggaran 2017, Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa masih ada daerah yang serapan anggarannya sangat.
  • Selain Dijual, Ada Juga Pulau RI yang Disewakan Lewat Internet
    Selasa, 16 Januari 2018 - 18:31:41

    Selain Dijual, Ada Juga Pulau RI yang Disewakan Lewat Internet

    Jakarta (Bingkai Riau) - Situs privateislandsonline.com kini menjadi sorotan. Laman ini menawarkan penjualan pulau di beberapa negara di dunia, termas.
  • BJ Habibie Meninggal Dunia di RSPAD Jakarta
    Rabu, 11 September 2019 - 18:51:01

    BJ Habibie Meninggal Dunia di RSPAD Jakarta

    Jakarta (Bingkai Riau) - Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jaka.
  • Jenderal Polri Boleh Jadi Penjabat Gubernur
    Kamis, 25 Januari 2018 - 19:53:09

    Jenderal Polri Boleh Jadi Penjabat Gubernur

    Jakarta (Bingkai Riau) - Dua perwira tinggi Polri, Inspektur Jenderal Polisi Muhammad Iriawan dan Inspektur Jenderal Polisi Martuani Sormin, diusulkan.
  • Ayu Ting Ting Keluar dari Pesbukers
    Sabtu, 15 Juli 2017 - 18:22:24

    Ayu Ting Ting Keluar dari Pesbukers

    Jakarta (Bingkai Riau) - Kabar keluarnya Ayu Ting Ting dari program televisi membawa polemik tersendiri. Bagaimana pernyataan dari pihak stasiun telev.
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER