• Follow Us On : 

Rayakan HUT RI di Istana, SBY Duduk Dekat Megawati

Rayakan HUT RI di Istana, SBY Duduk Dekat Megawati Megawati bertemu dengan SBY dan Ani Yudhoyono di Istana Merdeka. (VIVA.co.id)
Kamis, 17 Agustus 2017 - 14:46:09 WIB
Jakarta (Bingkai Riau) - Hubungan Presiden ke-5 dan ke-6 RI, yakni Susilo Bambang Yudhoyono, atau SBY dan Megawati Soekarnoputri, selalu menjadi perhatian. Sebab, keduanya hampir tidak pernah bertegur sapa sejak 2004 lalu.
 
Bisa dihitung dengan jari, berapa kali kedua mantan pemimpin negara itu bertemu. Sepuluh tahun SBY menjadi Presiden RI (2004-2009 dan 2009-2014), Megawati tidak pernah mengikuti upacara HUT RI di Istana Merdeka.
 
Dan, semenjak Joko Widodo menjadi Presiden RI, pada dua kali peringatan HUT RI, yakni 2015 dan 2016, SBY tidak hadir. Tetapi, Megawati datang.
 
Peringatan ulang tahun RI ke-72 di Istana Merdeka kembali mempertemukan keduanya. Di tenda VVIP, hampir seluruh mantan Presiden RI hadir. Ada Presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie dan istri Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid, Shinta Nuriah Abdurrahman Wahid.
 
Dalam tenda tersebut, mereka terlihat duduk berjejer. Namun, antara SBY dan Ani Yudhoyono dengan Megawati Soekarnoputri dipisahkan oleh BJ Habibie.
 
Di dalam Istana Merdeka, para mantan Presiden RI itu berfoto bersama dengan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Namun, lagi-lagi Megawati tidak bersanding dengan SBY.
 
Dari foto itu, berjejer BJ Habibie, lalu ada Ibu Negara Iriana, Presiden Jokowi, Megawati Soekarnoputri, Wapres Jusuf Kalla dan Mufidah, disusul SBY dan Ani Yudhoyono.
 
Belum ada konfirmasi resmi, apakah kedua mantan presiden itu sempat bertegur sapa atau tidak. SBY dan Ani Yudhoyono keluar terlebih dahulu. Beberapa menit kemudian, Megawati menyusul.
 
SBY sempat memberikan keterangan. Dia mengaku, sempat berfoto dan berbicara dengan Presiden Jokowi. "Ya, foto bareng-bareng tadi. Banyak, yang diobrolkan banyak," kata SBY.
 
Dia berharap, Indonesia makin bersatu. Tambah kompak dalam membangun negeri ini menjadi lebih baik lagi. "Insya Allah, 2045 negara kita akan kuat, makin adil, dan makin makmur. Itu saja," tuturnya.
 
Namun, ketika disinggung apakah sempat bertegur sapa dan mengobrol dengan Megawati di tenda atau di dalam istana, SBY tidak menjawabnya.
 
Ia terus berjalan, sambil sesekali meladeni permintaan swafoto sejumlah warga yang terus mengikutinya.
 
Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy atau Romi, yang turut hadir di dalam Istana Merdeka dan melihat SBY serta Megawati, juga tidak berbicara banyak soal hal tersebut.
 
Ketika disinggung apakah ada komunikasi antara SBY dengan Megawati, Romi hanya tersenyum. "Saya lihat (Megawati dan SBY), ya karena bareng-bareng ya. Ada lah," katanya sembari tersenyum.
 
Sumber: VIVA.co.id
 

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER