• Follow Us On : 

Pekanbaru-Bagan Siapiapi Bisa Ditempuh Selama 3 Jam Melalui Tol

Pekanbaru-Bagan Siapiapi Bisa Ditempuh Selama 3 Jam Melalui Tol ilustrasi
Sabtu, 15 Juli 2017 - 18:04:23 WIB

PEKANBARU (Bingkai Riau) -  Pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai yang memiliki panjang sekitar 130 km itu akan memperpendek jarak tempuh Pekanbaru ke Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dengan waktu sekitar tiga jam saja.

"Saya yakin tahun 2019 insya Allah pembangunan jalan tol ini selesai. Kalau ini jadi, wajah Riau akan berubah. Kita akan seperti Malaysia. Jarak tempuh Pekanbaru-Bagan bisa sekitar tiga jam saja," kata Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman dalam halal bi halal masyarakat Rohil di Pekanbaru, Jumat (14/07/2017) malam.

Bagan Siapiapi yang terletak di pesisir Pulau Sumatera diyakini akan semakin maju seiring dengan pembangunan jalan tol. Sebab, selama ini jarak tempuh Pekanbaru-Bagansiapiapi sekitar tujuh hingga delapan jam.

Pemprov Riau juga membuka akses jalan ke daerah perbatasan Rohil dengan Sumatera Utara untuk mudahkan masyarakat

Sedangkan, proyek strategis lainnya yang akan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Rohil adalah penyediaan air bersih.

Proyek ini sudah diteken kerjasama pembangunannya dengan Kementerian PUPR. Air bersih ini akan mensuplai masyarakat di Dumai, Rohil dan Bengkalis (Durolis).

"Upaya ini pasti akan menguntungkan Riau dan Rohil pada khususnya," ujar Gubri di hadapan tamu undangan.

Di tempat yang sama, Bupati Rohil, H Suyatno seperti dilansir goriau.com, merasa prihatin karena kini APBD Rohil turun bahkan terjun bebas. Akibatnya, anggaran yang ada sebagian besar hanya untuk belanja pegawai.

"Tahun 2015, APBD Rohil masih sebesar Rp2,7 triliun. Tapi tahun 2017 tinggal sekitar Rp1,5 triliun. Sebagian besar sudah terserap untuk belanja pegawai. Untuk pembangunan hanya tinggal sedikit. Kalau bisa malam ini meneteskan air mata, saya akan meneteskan air mata," ucap Suyatno seraya berharap bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Suyatno tidak menampik dan sangat bersyukur karena selama ini mendapat perhatian cukup besar dari Pemprov Riau. TA 2017 misalnya, tidak kurang dari Rp196 miliar APBD Riau dialokasikan untuk pembangunan Rohil plus bantuan keuangan (bankeu) sebesar Rp80 miliar.

"Tentu ke depan, kita harapkan Pak Gubernur berkenan mengalokasikan anggaran lebih besar lagi untuk Rohil," harapnya. (grc)


Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER