• Follow Us On : 

PWI Meranti Tanam 4.000 Bibit Mangrove Di Pantai Mekong

PWI Meranti Tanam 4.000 Bibit Mangrove Di Pantai Mekong Kepala SLB Sekar Meranti, Safrizal.
Ahad, 14 Mei 2017 - 18:20:02 WIB
Selatpanjang (Bingkai Riau) - Jelang pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kepulauan Meranti periode (2017-2020 ), akan dilakukan penanaman 4.000 bibit mangrove di Desa Mekong, Kecamatan Tebingtinggi Barat. 
 
Upaya penyelamatan pulau ini bekerjasama dengan pihak SLB Sekar Meranti, Laser Meranti, Kecamatan Tebingtinggi Barat, dan Desa Mekong, Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
Penanaman itu dijadwalkan sehari sebelum pelantikan atau tepat tanggal 15 Mei 2017. "Kita dibantu bibit dari pihak SLB Sekar Meranti," kata Ketua PWI Kepulauan Meranti, Ahmad Yuliar SIKom, Kamis (11/5/2017).
 
Menurut Ahmad Yuliar, dipilihnya Desa Mekong sebagai lokasi penanaman karena di sana merupakan titik terparah abrasi Pulau Tebingtinggi. Desa Mekong juga terletak tepat di depan Selat Melaka. Pada musim-musim tertentu, ombak begitu besar dan telah merobohkan turap di wilayah tersebut.
 
"Di Desa Mekong terjadi abrasi yang memperihatinkan. Ini salah satu upaya penyelamatan pulau. Kita harap ke depannya pihak-pihak terkait memiliki program serupa, tentu dengan jumlah bibit yang lebih banyak," ujar Amek.
 
Di tempat terpisah, Kepala SLB Sekar Meranti Syafrizal, mengaku telah melihat langsung pantai di Desa Mekong. Ia optimis bibit mangrove jenis api-api yang rentan mati itu bisa bertahan. Sebab, saat ini belum masuk musim gelombang besar. 
 
"Sama-sama kita berusaha untuk menyelamatkan pulau dari abrasi," kata Syafrizal.
 
Bibit yang disumbangkan Syafrizal ini merupakan program pembibitan di SLB Sekar Meranti. Sebelumnya, sambutan positif diberikan oleh Camat Tebingtinggi Barat, Helfandi. Laki-laki berkacamata itu pun bersedia turun langsung untuk bersama-sama menaman mangrove di Desa Mekong.
 
"Ini upaya kita bersama, semoga mangrove yang ditanam bisa hidup dan memberikan dampak bagus bagi daerah. Kami dari pihak kecamatan siap berpartisipasi," ujar Helfandi.
 
Dalam penanaman ini, pengurus dan simpatisan PWI Meranti bekerjasama dengan pihak SLB Sekar Meranti Anak Setatah Rangsang Barat. Kemudian melibatkan pihak Kecamatan Tebingtinggi Barat, pihak Desa Mekong, BPBD Meranti, dan Laser Kepulauan Meranti. 
 
Usai penanaman mangrove, pengurus PWI Kepulauan Meranti periode 2017-2020 akan dilantik pada 16 Mei 2017 di Taman Cikpuan Selatpanjang.(rls/mes)
 
 
Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER