• Follow Us On : 

Wabup Himbau Warga Siapkan Kelengkapan Kendaraan

Polres Meranti Gelar Operasi Siak 2017

Polres Meranti Gelar Operasi Siak 2017 Wakapolres Meranti, Kompol Wawan saat memimpin Peresmian Operasi Siak Tahun 2017 (mes)
Selasa, 09 Mei 2017 - 16:10:12 WIB

Selatpanjang (Bingkai Riau) - Polres Kepulauan Meranti resmi menggelar Operasi SIAK 2017. Kegiatan tersebut berlangsung selama 14 hari dan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia mulai tanggal (9-22) Mei 2017.

Operasi tertib lalu lintas ini, guna menyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Untuk itu, Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Meranti H Said Hasyim mengingatkan kepada masyarakat agar tidak terjaring razia, maka siapkan kelengkapan kendaraan sebelum berkendara di jalan raya.

Peresmian Operasi Siak Tahun 2017 tersebut ditandai dengan Apel Gelar Pasukan, yang dipimpin oleh Wakapolres Meranti, Kompol Wawan. Lalu dilanjutkan dengan peninjauan pasukan dan pemasangan pita kepada perwakilan operasi yang terdiri dari TNI, Kepolisian dan Dinas Perhubungan Kepulauan Meranti, di halaman Mapolres Meranti, Selasa (9/5) pagi.

Apel Gelar Pasukan diikuti oleh Kepolisian Polres Meranti, Satuan TNI AD dan AL, Dinas Perhubungan, Satpol PP Kepulauan Meranti, Ketua MUI, Perwakilan Ormas dan lainnya.

"Atas nama pemerintah daerah, kita mendukung penuh program Nasional Kepolisian dalam rangka menciptakan tertib lalu lintas untuk menyongsong bulan Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2017 mendatang," ujar Wabup Said Hasyim kepada bingkairiau.com.

Wabup juga mengingatkan, kepada seluruh masyarakat Meranti khususnya pengendara kendaraan roda dua roda dan empat, untuk melengkapi surat-surat kendaraan dan kelengkapan kendaraan bermotor sebelum berkendaraan di jalan raya.

"Bagi masyarakat yang memakai kendaraan, siapkan kelengkapan berkendara dan surat-surat, terutama helm standar. Ini dilakukan untuk menghindari agar tidak terkena sanksi tilang," tambahnya.

Lebih jauh Wabup mengatakan, Kepulauan Meranti sebagai Kabupaten baru butuh pembenahan di segala bidang termasuk bidang tertib berlalu lintas. Masih banyak masyarakat yang belum paham aturan berlalu lintas begitu juga penggunaan kelengkapan berkendara.

"Dalam operasi ini, kita berharap petugas mengedepankan pendekatan persuasif dengan membina, tapi jika tidak bisa dibina silahkan ditindak untuk memberikan efek jera," ucap Wabup.

Sementara Wakapolres Meranti Kompol Wawan juga mengaku, dalam operasi SIAK 2017 ini, pihaknya akan lebih menekankan pada upaya prefentif persuasif.  "Kita tetap mengedepankan pendekatan pembinaan, penegakan hukum adalah upaya yang terakhir," ungkapnya.

Wakapolres juga menegaskan, dalam operasi SIAK 2017 ini, petugas yang melakukan tindakan penilangan dilarang untuk menerima titipan tilang dari pengendara. Bagi pengedara yang terkena tilang akan diminta untuk membayar sendiri denda tilang ke Bank yang nantinya bukti pembayaran denda tilang diserahkan kepada pihak Satlantas Polres Meranti. 

"Aparat yang melakukan penilangan tidak dibenarkan menerima uang titipan, pengendara harus  membayar sendiri denda tilang ke bank dan serahkan kembali bukti pembayaran kepada petugas," ujar Wakapolres tegas.

Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya pungli oleh oknum petugas, dan masyarakat akan mendapatkan denda sebenarnya sesuai dengan jenis pelanggaran yang dilakukan.

"Dengan membayar langsung denda tilang di Bank, masyarakat akan mendapatkan kejelasan denda yang harus dibayar," jelas Wakapolres.

Sekedar informasi seperti dijelaskan Wakapolres sesuai pidato Kakorlantas Lantas Mabes Polri, semakin meningkatnya jumlah populasi masyarakat berdampak pada semakin meningkatnya penggunaan transportasi yang menjadi kebutuhan masyarakat. Akibat tidak tertib berlalu lintas terjadi kecelakaan di tahun 2016 sebanyak 2410 dari jumlah itu 412 orang tercatat meninggal dunia.

Untuk mengantisipasi dampak modernisasi yang berdampak pada semakin padatnya jumlah kendaraan dijalan raya, sesuai UU. No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas. Kepolisian bertanggung jawab mewujudkan keamanan, kelancaran dan ketertiban berlalu lintas, menekan angka kecelakaan, serta menumbuhkan budaya tertib lalu lintas begitu juga peningkatan pelayanan publik.

Untuk mewujudkannya lanjut  Wakapolres, tidak bisa oleh Kepolisian sendiri tapi perlu sinergitas dari semua pihak dan pemangku kepentingan lainnya. Seperti yang dilakukan oleh Kepolisian Polres Meranti saat ini dengan mengandeng Pemda, TNI dan Tokoh Masyarakat.

Dalam operasi SIAK kali ini, Kepolisian fokus pada mewujudkan keselamatan pengguna jalan. Kelancaran lalu lintas yang menjadi urat nadi kehidupan. Sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya keselamatan berlalu lintas yang sering diabaikan karena tidak dianggap penting. 

Selain itu banyaknya kendaraan bak terbuka yang beroperasi di Meranti  yang tidak tertib rambu-rambu lalu lintas. (Rilis Humas Meranti/mes).


Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER