• Follow Us On : 

Ditlantas Polda Riau Gandeng Umri Gelar Seminar Mahasiswa Sebagai Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Ditlantas Polda Riau Gandeng Umri Gelar Seminar Mahasiswa Sebagai Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas
Jumat, 28 April 2017 - 11:27:56 WIB

PEKANBARU (Bingkai Riau) - Rabu (26/4), Direktorat lalu lintas Polda Riau menggelar seminar bersama civitas akademika dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI). Seminar yang bertajuk mahasiswa sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas menuju Indonesia tertib bersatu keselamatan nomor 1 itu dilaksanakan di Auditorium kampus UMRI Jl KH Ahmad Dahlan No 88 Pekanbaru.

400 orang Mahasiswa antusias mengikuti rangkaian kegiatan ini dari pukul 09.00 hingga usai pukul 12.30 Wib. Hadir dalam seminar itu Wakil Rektor III Baidarus MM MAg dan civitas akademika, Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Tulus Ikhlas Pamuji SH MH sebagai salah seorang narasumber dan jajaran serta narasumber lain diantaranya Guru Besar Teknik UIR Prof Sugeng Wiyono, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Jayus SSos MIKom serta Dekan FMipa dan Kesehatan UMRI Juli Widianto Skep Mkes Epid.

Dalam sambutannya Wakil Rektorat III Baidarus MM MAg mengatakan sangat berterima kasih kepada Dit Lantas Polda Riau yang telah menyelenggarakan acara ini. "Seminar ini sangat penting bagi kita semua dan saya ucapkan terima kasih kepada Dit Lantas Polda Riau yang telah menyelenggarakan acara seminar  dan kerjasama ini " ujar Baidarus.

Selain itu Baidarus juga menekankan "Di dalam ajaran Islam Ibadah bukan hanya terkait aspek dengan Tuhan saja, melainkan aspek hubungan sesama manusia diantaranya berlalu lintas di jalan raya. Untuk itu saya mengharapkan kepada seluruh mahasiswa yang hadir agar selalu menjaga ketertiban dan keselamatan di jalan raya karena ini bernilai ibadah".

Dir Lantas Polda Riau Kombes Pol Tulus Ikhlas Pamuji mengatakan acara seminar keselamatan berlalu lintas ini adalah wadah untuk menyadarkan pentingnya menjaga ketertiban dan keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya. "Saya mengharapkan kepada mahasiswa semuanya agar selalu menjaga ketertiban berlalu lintas dijalan raya. Marilah menjadi pelopor dan patuh dalam menjadi ketertiban dan keselamatan berlalu lintas, " harap Kombes Tulus.

Sebagai narasumber Kombes Tulus menyampaikan tujuan etika dalam berlalu lintas adalah dapat mengatur individu dalam menggunakan jalan raya. Terciptanya keamanan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas. Selain itu juga dapat menekan dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan budaya tertib dalam berlalu lintas.

Perwira dengan tiga melati dipundaknya ini mengatakan, upaya-upaya yang dilakukan Polri khusunya Dit Lantas Polda Riau adalah dengan cara preemtif yaitu dengan melakukan sosialisasi atau himbauan kepada masyarakat tentang keselamatan berlalu lintas dan perundang-undangan lalu lintas. Selain itu juga ada upaya preventif terhadap pelanggar lalu lintas. Memberikan pembelajaran kepada masyarakat supaya tertib dalam berlalu lintas.

Dalam mewujudkan kamseltibcar lantas yang terpenting adalah sadar diri keselamatan bersama dari hati, membiasakan diri untuk tertib berlalu lintas, mengajak orang lain untuk taat dalam berlalu lintas dan berikan sangsi sosial terhadap masyarakat yang tidak tertib berlalu lintas.

Kombes Tulus juga mengatakan ada tiga pilar yang sangat berpengaruh dalam  kelancaran, keselamatan dalam berlalu lintas diantaranya adalah keluarga, lingkungan tempat tinggal dan lingkungan kerja/ aktivitas

Guru Besar Teknik UIR Prof Sugeng Wiyono menyoroti tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Riau salah satunya disebabkan oleh sarana dan parasarana jalan yang kurang memadai. Di lain sisi Dekan FMipa dan Kesehatan UMRI Juli Widianto Skep MKes Epid memaparkan aspek kesehatan untuk pencegahan kecelakaan dan juga aspek penanganan korban kecelakaan.

Sementara itu, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UMRI Jayus SSos MIKom menjelaskan bahwa sosialisasi pentingnya tertib berlalu lintas juga dapat dilakukan dengan menggunakan pola komunikasi kekinian.

“Saya kira sosialisasi tertib berlalu lintas selain melaui kegiatan seperti ini dan media massa juga dapat dilakukan dengan pola komunikasi kekinian melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram, path bahkan vlog. Ini menjadi sesuatu yang penting sebagaimana program Promoter Kapolri bahwa polisi itu harus Profesional, Modren dan Terpercaya”.


Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER