• Follow Us On : 

Perhatian Besar Terhadap Budaya Melayu, LAM Riau Anugerahi Gubri Gelar Datuk Seri Setia Amanah

Perhatian Besar Terhadap Budaya Melayu, LAM Riau Anugerahi Gubri Gelar Datuk Seri Setia Amanah
Sabtu, 25 Februari 2017 - 16:47:02 WIB

PEKANBARU (Bingkai Riau) – Dinilai memiliki perhatian besar terhadap pengembangan budaya melayu, Lembaga Adat Melayu Riau akan memberikan gelar Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Melayu Riau kepada Gubernur Riau.

Sabtu (25/2/2017) rombongan Majelis Kerapatan Adat (MKA) Melayu Riau dan Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau mendatangi kediaman Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman untuk merisik atau melamar Gubernur agar bersedia menerima gelar itu. Rombongan LAM dipimpin Plt. Ketua MKA OK Nizami Jamil didamping Ketua DPH LAM Riau Al Azhar bersama sejumlah pengurus LAM.

Ketua dewan Harian Lembaga Adar Melayu Riau Al Azhar mengatakan gelar Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Melayu Riau ditingkat Provinsi diberikan kepada Gubernur yang memiliki Komitmen yang jelas kepada pengembangan adat dan budaya melayu. “Sebenarnya sudah lama kita merencanakan untuk memberikan gelar Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Melayu Riau kepada tua pemuncak negeri ini, namun baru sekarang bisa terlaksana, ” ujar Al Azhar.

Dijelaskan Al Azhar sebelumnya LAM Riau sudah melaksanakan pertemuan terkait hal ini. Berdasarkan berbagai pertimbangan akhirnya LAM memutuskan memberikan gelar itu kepada Gubri.

Menurut Al Azhar, beberapa kebijakan Gubri telah menunjukan untuk pengembangan budaya melayu di Riau. Diantaranya adalah dengan  mengeluarkan Peraturan Gubernur tentang Muatan lokal budaya melayu di sekolah, pencanangkan Riau the Homeland of Melayu pada tahun 2015 dan dilanjutkan dengan Pengembangan Pariwisata Budaya.

“Bagi kami ini menghilangkan kerisauan, karena selama ini Pariwisata selalu meninggalkan esensi budaya, dengan komitmen tuan Gubernur mengembangan Pariwisata berbasis budaya melegakan kami” ujar Al azhar.

Selanjutnya yang tak kalah penting kata Al azhar adalah Gubri juga telah mewujudkan dinas khusus untuk pengembangan budaya melayu. “Alhamdulillah hampir 15 tahun barulah dimasa Tuan Gubernur, Dinas Kebudayaan dapat terwujud” ujar Al Azhar.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang besar diberikan lembaga adat melayu riau . ” saya berterima kasih atas penghargaan ini, In syaa Allah amanah ini akan saya laksanakan dengan baik ujarnya. (humasriau)

Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER