• Follow Us On : 

Salam Bingkai Riau, Dari Fakta Jadi Berita

Salam Bingkai Riau, Dari Fakta Jadi Berita Pemimpin Redaksi bingkairiau.com, Rizqi Abadi
Jumat, 23 Desember 2016 - 09:33:34 WIB

PEKANBARU (Bingkai Riau) - Setiap media massa memiliki bingkai atau frame yang digunakan dalam memberitakan suatu peristiwa. Frame ini tergantung pada kepentingan media yang akhirnya memperlihatkan konstruksi media atas realitas.Media massa bukanlah seperti anggapan khalayak umum yang menggambarkan sesuai realita dan fakta, namun media massa mengkonstruk realitas.

Realitas hadir di media massa, tergantung oleh pemilik media dan wartawan. Karena realitas tercipta dari kontruksi, sudut pandang tertentu dari kuli tinta. Realitas berbeda-beda, ketika realitas itu dipahami oleh wartawan yang mempunyai pandangan berbeda (Eriyanto, 2002 : 28)Semua kenyataan ini menyadarkan kita betapa subyektifnya media. Mengetengahkan perbedaan semacam ini, tentu bukan menekankan bias atau distorsi dari pemberitaan media. Ini dipaparkan untuk memberikan ilustrasi bagaimana berita yang kita baca tiap hari telah melalui proses konstruksi

Media massa mempunyai ciri khas, mempunyai kemampuan untuk memikat perhatian khalayak secara serempak (simultaneous) dan serentak (instantaneous). Media massa inilah yang paling sering menimbulkan masalah dalam semua bidang kehidupan. Sifat media yang akan digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan komunikasi massa harus benar-benar mendapat perhatian, karena erat sekali kaitannya dengan khalayak yang akan diterpa (Ardianto:39).

Media massa setidaknya menjadi sumber komunikasi karena dampak media massa lebih dilihat sebagai dampak kognitif kepada masyarakat. Khalayak sendiri merupakan komunikan yang mengkonsumsi hasil rekonstruksi realitas yang dibikin oleh media massa. Dengan kata lain, bahwa media massa mempunyai potensi untuk mempengaruhi opini atau agenda publik melalui proses framing yang dilakukan oleh media massa.

Bingkairiau.com hadir dengan mengedepankan profesionalitas dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dan memperhatikan variabel yang menjadi unsur pembentuk berita. Dengan mengusung tagline “membingkai peristiwa sesuai fakta”, BingkaiRiau.com akan menginformasikan peristiwa berdasarkan fakta dan tidak semua peristiwa adalah berita. ***

 


Akses www.bingkairiau.com Via Mobile m.bingkairiau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER