Dapat 500 Dosis Vaksin PMK,Diskannak Siak Lansung Berikan Vaksinasi hewan di 2 Kecamatan

SIAK ( Bingkai Riau ) - Pemerintah Kabupaten Siak, melalui Dinas Perikanan dan Peternakan mendapat kuota sebanyak 500 dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK) dari Kementrian Pertanian, melalui Pemprov Riau. Senin (28/06/2022).

Vaksin ini didistribusikan di dua Kecamatan terjangkit,yaitu Kecamatan Kandis dan Kecamatan Tualang,Pelaksanaan Vaksinasi melibatkan lintas sektoral, seperti TNI, Polri, BPBD Siak, Kecamatan, Kampung, dan Diskannak Siak.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabuoaten Siak dr Hj Susilawati MM mengatakan,Lokasi yang menjadi target Vaksinasi merupakan Kampung yang bertetangga dengan Daerah terjangkit.

"Jadi bukan di kampung yang terjangkit ya, kita buat Ring pengaman di Desa tetangga", ujar Susi 

Kata dokter hewan jebolan UGM ini, tujuannya sebagai Benteng pertahanan,supaya virus tidak meluas ke Daerah lain, sehingga Fokus Penanganan Wabah PMK bisa lebih maksimal.

"Di Kandis itu ada 1 Kampung (Desa) saja yang terjangkit, yaitu di Kampung Pecing Bekulo, jadi ibaratnya kita kurung virus itu disitu, nah Desa Tetangganya yang ada ternak dengan kuku belah kita vaksin", ujarnya lagi.

Sementara di Kampung terjangkit, kita lakukan Penanganan Medis, seperri memberi Suport, atau analgesik, dan mengimbau Masyarakat untuk tidak membawa ternaknya keluar Kampung.

Sementara untuk Kecamatan Tualang ada beberapa Kampung yang terjangkit, sama seperti Kandis, jadi kampung disekitarnya yang akan di vaksin.

"Ini kita lakukan, mengingat ditahap pertama Pendistribusian vaksin, baru dapat 500 dosis, sehinga di fokuskan ke Kampung yang menjadi ring 1, untuk selanjutnya nanti petakan lagi", tutup Susi.(inf)@nd