Tumbuhkan Minat Baca dan Menuju Sekolah Literasi, SMPN 15 Pekanbaru Buat Pojok Baca

Pekanbaru (Bingkai Riau) - Banyak cara yang bisa dilakukan sekolah untuk menumbuhkan minat baca siswanya. Seperti yang dilakukan SMPN 15 Pekanbaru telah membuat pojok baca.

Kepala SMPN 15 Pekanbaru, Muhammad Yunus SPd mengatakan, perpustakaan ini diletakkan di tiga titik sekitaran halaman sekolah. Pojok tersebut menjadi pojok baca untuk para siswa di sela sela aktivitas belajar di kelas. Ini merupakan upaya meningkatkan minat baca kepada siswa didukung oleh Tim Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

"Salah satu tujuan membuat pojok baca di luar, untuk mengurangi kegiatan siswa yang lebih menyukai gawai untuk bermain game online dibandingkan membaca buku," kata yunus.

Disampaikannya, tujuan dibuatnya pojok baca tersebut untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif. Dimana, keterampilan ini akan menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam GLS.

 "Alhamdulillah saat ini sudah ada tiga pojok baca. Adapun dampak dari gerakan literasi dengan menggiatkan siswa membaca dan menulis sangat besar manfaatnya dalam pembentukan mental dan karakter anak," ungkapnya.

Menurut Yunus, meski baru namun progresnya cukup bagus. Dapat dilihat langsung bagaimana ketika jam istirahat, para siswa mulai antusias memanfaatkan fasilitas dan ruang terbuka untuk membaca dan sesama siswa untuk membaca. Pantauan di SMPN 15 Pekanbaru, nampak siswa begitu antusias membaca buku di pojok baca.

Yunus menambahkan, banyak siswa dan siswi yang memanfaatkan pojok baca selain untuk kegiatan literasi, diskusi juga untuk sekedar istirahat setelah seharian penat belajar.

"Kita berharap, dengan adanya pojok baca di SMPN 15 Pekanbaru sebagai tempat untuk kegiatan literasi, diharapkan minat membaca dan menulis siswa dan siswi semakin meningkat," harapnya. (ade)