SMAN 4 Pekanbaru Sembelih 7 Sapi dan 1 Kambing, Kadisdik: Kegiatan yang Mengandung Edukasi

Pekanbaru (Bingkai Riau) - Tahun ini SMAN 4 Pekanbaru memotong 8 ekor hewan qurban yakni 7 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Dimana peserta qurban tersebut adalah para guru, tenaga kependidikan, orang tua peserta didik dan siswa.

Kepala SMAN 4 Pekanbaru, Hj Yan Khoriana MPd mengatakan, bahwa hari ini keluarga besar SMAN 4 Pekanbaru telah melaksanakan pemotongan hewan qurban yang merupakan agenda tahunan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan(Kadisdik) Riau Zul Ikram,M.Pd yang didampingi Kabid SMA Muhammad Guntur, M.Pd dan Pengawas Pembina Joyosman, M.Pd guna menyaksikan pemotongan hewan Qurban di SMAN 4 Pekanbaru, Rabu(21/7/2021).

"Selain Kadisdik juga hadir Danlanut Roesmin Nurjadin dan Camat Marpoyan Damai. Alhamdulilah setiap tahun adanya peningkatannya. Dimana tahun lalu hanya 6 ekor, tahun ini meningkat 8 ekor yakni  7 ekor sapi dan satu kambing," kata Khori.

Ia menyampaikan, walaupun dimasa pandemi, namun semangat berkurban warga SMAN 4 Pekanbaru dan masyarakat cukup tinggi, terutama orang tua siswa. Ini dibuktikan peserta qurbanya terus bertambah setiap tahunnya.

"Selain merupakan  ibadah, kegiatan ini juga memberikan pendidikan kepada kita semua untuk saling peduli dan berbagi kepada sesama. Semoga ibadah qurban ini diterima oleh Allah dan dagingnya dapat bermanfaat dan membantu warga sekolah dan masyarakat dimasa pandemi ini," harapnya.

Sementara Kadisdik dalam sambutannya  mengatakan, pihaknya menyambut baik tradisi tahunan yang sangat baik ini.  Dimana telah menyaksikan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban oleh keluarga besar SMAN 4 Pekanbaru.

"Dengan kegiatan ini, kita dapat memetik nilai-nilai yang terkandung didalamnya yakni nilai kebersamaan antara warga sekolah dengan masyarakat, kebersamaan antara warga sekolah itu sendiri yakni para guru, tenaga kependidikan dan siswa. Kegiatan ini  juga mengandung nilai edukasi bagi peserta didik," terang Zul Ikram.

Zul Ikram menyampaikan apresiasi dan tahniah kepada keluarga besar SMAN 4 Pekanbaru yang telah melaksanakan pemotongan hewan qurban. Semoga pelaksanaan  dan pendistribusian daging kepada yang berhak  menerimanya berjalan lancar dan sukses, harapnya.

Masih ditempat yang sama Ketua panitia qurban yang juga wakil bidang humas Citra Aries,M.Pd menambahkan, kupon daging yang telah beredar sebanyak 388 kupon. Dimana daging tersebut akan didistribusikan kepada peserta kurban, warga sekolah yakni siswa afirmasi, masyarakat sekitar dan pasukan kuning.

"Saya ucapkan terimakasih kepada peserta qurban yang telah mempercayai kami untuk melaksanakan pemotongan hewan qurbannya. Insya Allah daging akan kami distribusikan kepada yang berhak menerimanya. Dan ucapan terimakasih juga disampaikan kepada seluruh panitia dan masyarakat yang membantu dengan ikhlas. Semoga menjadi amal ibadah disisi Allah,SWT, hendaknya aamiin," pungkas Citra.(ade).